Sekilas Info

Menpora Buka POPNAS, 37 Atlet Maluku Mulai Bertanding

PEMBUKAAN POPNAS - Menpora Zainudin Amali (kedua dari kiri) membuka POPNAS XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11/2019) malam. Setelah membuka acara, Menpora kemudian menerima api abadi POPNAS dari atlet ASEAN Schools Games 2019.

JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali membuka Pekan Olahraga Palajar Nasional (POPNAS) XV/2019 di Gelanggang Mahasiswa Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, Minggu (17/11/2019) malam.

POPNAS kali ini berlangsung hingga 25 November mendatang. Event ini diikuti 3.653 orang dengan rincian 2.631 atlet, 667 pelatih, dan 355 ofisial.

Provinsi Maluku mengikutsertakan 37 atlet, 12 pelatih dan 7 official pada 6 dari 13 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan.  POPNAS mempertandingkan 13 cabor yaitu atletik, angkat besi, bulutangkis, bola voli pasir, dayung, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, sepak takraw, taekwondo, dan tarung derajat.

Menpora saat pembukaan berharap POPNAS XV/2019 bisa menghasilkan atlet berprestasi bagi Indonesia dimasa mendatang.

“Saya harap pelaksanaan ini sebagai ajang atlet muda bisa berpestasi, menghasilkan atlet yang berprestasi ditingkat regional, nasional, maupun tingkat yang lebih tinggi. Untuk pemerintah kabupaten/kota, supaya memberikan peluang dan ruang kepada para pelajar untuk bisa mengasah bakat mereka dibidang olahraga,” katanya.

Menpora juga ingin, atlet pelajar yang ikut meramaikan POPNAS ini suatu saat bisa mengharumkan nama bangsa lewat prestasi yang ditorehkan. Nilai sportivitas diingatkan agat selalu dijunjung tinggi.

“Pembinaan atlet harus dilakukan dengan baik. Jangan terhenti sampai di Popnas, harus terus latihan dan ikuti kejuaraan yang ada. Kita akan memantau perkembangan atlet sehingga Popnas ini nantinya ada hasilnya. Atlet Popnas harus terbina dengan baik,” jelas Menpora.

Sebagaimana diketahui, Kontingen Provinsi Maluku akan mengikuti 6 dari 13 cabang olahraga yang dipertandingkan. Keenam cabor tersebut yaitu Panahan (4 atlet, 2 pelatih, 1 official), Atletik (8 atlet, 2 pelatih, 1 official), Dayung (10 atlet, 2 pelatih, 1 official), Karate (6 atlet, 2 pelatih, 1 official), Taekwondo (5 atlet, 2 pelatih, 1 official) dan Bulutangkis (4 atlet, 1 pelatih, 1 official).

Sebagaimana diketahui, pada POPNAS XIV/2017 di Jawa Tengah, kontingen Maluku menempati peringkat 14 dari 34 provinsi peserta dengan memperoleh empat medali emas, 3 perak dan 1 perunggu.

(MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!