Sekilas Info

Tersingkir Lewat Undian, Tim Sepakbola Maluku Gagal ke PON

AMBON - Tim sepakbola Maluku gagal lolos ke PON XX/2020-Papua, setelah bermain imbang 1-1 melawan Maluku Utara dalam laga terakhir di Grup 7 kualifikasi Pra PON yang berlangsung di Stadion Mandala Remaja, Karang Panjang, Ambon, Senin (9/12/2019).

Kedua tim sebelumnya sama-sama mengantongi kemenangan atas Papua Barat. Maluku menang 2-1 atas Papua Barat pada pertandingan yang berlangsung Kamis (5/12/2019), sementara Maluku Utara juga menang 2-1 pada pertandingan, Sabtu (7/12/2019).

Akibat pertandingan Maluku vs Maluku Utara berakhir imbang 1-1, maka sesuai peraturan khusus Pra PON maka penentuan juara grup dilakukan melalui cara undian. Hasil undian ternyata meloloskan Tim Maluku Utara ke PON XX/2020-Papua. Sementara Maluku gagal melangkah ke PON.

Hasil itu sempat diprotes oleh pendukung Tim Maluku, karena para pendukung menduga pertandingan akan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu. Para pendukung tim Maluku kaget setelah proses pengundian dilakukan oleh perangkat pertandingan, dan para pemain Maluku Utara bersama pelatihnya Rachmat M Rivai dan manejernya Nuryadin Rachman lari bersorak ke tengah lapangan sambil melakukan selebrasi lolos ke PON.

Emosi pendukung tim Maluku sempat tak terbendung, namun setelah perangkat pertandingan menjelaskan peraturan khusus Pra PON terkait penentuan juara grup khususnya bagi tim yang memiliki poin sama serta selisih kemasukan dan memasukan sama serta head to head juga sama, maka emosi pendukung tim Maluku pun reda. Satu per satu pendukung kemudian meninggalkan stadion.

Dalam pertandingan tersebut, tim Maluku lebih dulu unggul melalui gol yang diciptakan M Zidane Patiiha di menit 33.  Ia memanfaatkan kemelut yang terjadi di dalam kotak pinalti Maluku Utara, sehingga bola sepakannya tak mampu dibendung penjaga gawang Maluku Utara, Andrian Hadi Daud.

Maluku Utara baru menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 50 melalui gol yang dicetak Habibi A Jusuf.

Kedua tim memang terus menampilkan pola menyerang namun hingga wasit Tommy Manggopa (Kabupaten Minahasa-Sulawesi Utara) meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, kedudukan tetap imbang 1-1.

Sesuai ketentuan, yang berhak lolos ke PON XX/2020-Papua nantinya hanya juara di masing-masing grup (terdapat 7 grup Pra PON) ditambah Papua sebagai tuan rumah. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!