oleh

PKM UKIM Revitalisasi Jalan Lingkungan Kelurahan Rijali

-Pendidikan-345 views

AMBON – Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) melakukan revitaliasai jalan lingkungan pada RT003/RW04 Kelurahan Rijali Kota Ambon.

Program tersebut dilakukan oleh tim PKM UKIM yang diketuai oleh Nusye Lewaherilla, ST, M.Eng dan Charles Tiwery, ST, MPSDA bersama Wayclif Tikupadang, yang merupakan Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Sipil UKIM Ambon.

“Program tersebut sejalan dengan tujuan Pembangunan infrastruktur desa/kecamatan berbasis masyarakat yaitu untuk meningkatkan  kesejahteraan  masyarakat desa melalui peningkatan peran serta masyarakat desa dalam pembangunan,” ungkap Ketua Tim PKM UKIM, Nusye Lewaherilla kepada malukuterkini.com di Ambon, Senin (16/12/2019).

Dijelaskan, dasar penetapan mitra RT 003/RW 04 Kelurahan Rijali, Kota Ambon dimulai dengan survei dan identifikasi masalah.

“Masalahnya yang pertama, akses jalan lingkungan sudah cukup lama mengalami rusak, hancur dan sebagian masih jalan tanah serta pada musim hujan jalan ini tidak bisa dilalui. Kedua, saluran drainase yang rusak dn dipenuhi sedimen tanah yang berdampak pada aliran air limbah rumah tangga dan saat musim penghujan yang dapat melimpas masuk ke rumah para warga sekitar,” jelasnya.

Ia mengatakan, perencanaan kegiatan oleh tim dimulai dengan kegiatan sosialiasi dan pelatihan yang berlansung pada tangggal 21-22 September 2019 antara Tim dengan Mitra, dengan target untuk dapat membangun dan memperbaiki jalan lingkungan ini sesuai yang direncanakan sepanjang 235 meter, dimana selain jalan akses yang masih berupa tanah maupun yang sudah dibeton tapi sudah rusak dan hancur.

“Selain itu mitra RT003/RW04 diberikan juga pemahaman tentang pengaruh factor air semen (fas) terhadap kualitas beton sekaligus mengenalkan secara dekat kelebihan dan kekuranagan dari beton normal kepada mitra dilanjutkan dengan metode pelaksanann dan pentingnya pemeliharaan kualitas beton pasca pengejaan,” katanya.

Dalam pelaksanaannya, menurut  Lewaherilla, jalan lingkungan ini dimulai dari penimbnan material batuan pada jalan yang masih jalan tanah sebagai pondasi sekaligus menaikan elevasi saluran yang ada disamping guna menghindari limpasan air saat hujan.

“Pada sisi lain jalan dan drainase yang telah rusaka atau pecah selanjuntnya dibongkar terlebi dahulu dan selanjuntnya diperbaiki,” ungkapnya.

Akhir dari pelaksanaan pekerjaan ini, katanya, mitra diminta untuk mampu dan bisa merawat jalan setapak sepanjang 235 meter ini secara baik, dimulai dengan penutupan akses jalan guna menghindari aktifitas sambal menunggu saat bias dilewati, selanjunya proses pembasahan atau penyiramana air pada jalan beton ini, hal ini guna menjaga beton dalam kondisi stabil

“Keseluruhan pelaksanaan kegiatan ini seluruhnya dilakukan oleh rasa kebersamaan dari warga atau mitra RT 003/ RW04 Kelurahan Rijali, Dan dari hasil sosialisasi dan pelaksanaan kegiatan ini terlihat jelas rasa senang dan puas dari mitra dimana adanya perhatian UKIM turut terlibat dalam hal pendampingan/pemberdayaan masyarakat,” katanya. (MT-03)

Komentar

News Feed