oleh

Presiden Minta Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Siaga Hadapi Cuaca Ekstrem

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah waspada akan bencana di musim hujan. Jokowi juga menekankan untuk persiapan evakuasi korban.

“Kemendagri juga tolong diingatkan seluruh kepala daerah dan semuanya, waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana dalam musim hujan yang ekstrem ini. Juga persiapan perencanaan, persiapan evakuasi,” ujar Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi saat membuka sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (6/1/2020).

Menteri terkait, seperti Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Sosial Juliari Peter Batubara, dan Menteri BUMN Erick Thohir, juga diminta menjalankan tugas dan fungsinya menangani banjir.

“Berkaitan dengan kesehatan ya Menteri Kesehatan, berkaitan dengan bantuan-bantuan sosial ya Menteri Sosial, berkaitan dengan bantuan mungkin juga di Kementerian BUMN yang bisa menggerakkan BUMN walau saya lihat semua sudah bergerak, tapi perlu saya ingatkan lagi,” ujar Jokowi.

Hujan ekstrem pada awal tahun mengakibatkan banjir di Jabodetabek, sebagian wilayah Kabupaten Bogor, serta Kabupaten Lebak. Jokowi sebelumnya juga menggelar rapat terbatas membahas penanganan banjir.

“Kemudian juga agar disampaikan oleh TNI dan Polri setiap kejadian agar secepatnya bisa membantu ke lapangan, juga Basarnas, BNPB. Perintah sudah tidak usah saya ulang-ulangi lagi,” kata Jokowi. (MT-06)

Komentar

News Feed