oleh

Desa Seilale Jadi Percontohan Proyek Air Bersih

AMBON – Desa Seilale, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon merupakan salah satu desa, yang diambil sebagai salah satu contoh pekerjaan proyek air bersih.

Proyek air bersih ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Ambon dengan Belanda.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Ambon, Enrico Matitaputty, mengatakan proyek air bersih akan dikerjakan pada dalam tahun ini.

“Proyek itu kita kerjasama dengan Indowater di Belanda dan tahun ini sudah mulai jalan. Lokasinya di Desa Seilale,” ungkap Matitaputty kepada malukuterkini.com di Balai Kota Ambon, Senin (13/1/2020).

Untuk anggaran, Pemkot akan menyediakan anggaran pekerjaan air bersih siap minum tersebut, diperkirakan senilai Rp 3 – 4 milyar yang berasal dari APBD.

Kadis PUPR Kota Ambon, Enrico Matitaputty

Dijelaskan, untuk sumber air, mereka akan menggunakan sumber air yang langsung dari mata air di Desa Seilale.

“Sumber airnya dari sana, karena disana ada beberapa kali  dan kita sudah lakukan survei,” jelasnya.

Matitaputty menjelaskan dalam percontohan ini, Pemkot menargetkan 100 warga yang akan menikmati air bersih tersebut.

Ia juga menjelaskan, setelah melihat dampak yang dirasakan masyarakat, Pemkot akan melanjutkan proyek itu ke empat kecamatan lainnya, yang mana fokus terhadap daerah yang susah air bersih.

“Jadi dari kerjasama kita, ternyata mereka inginkan kami fokus kepada daerah yang krisis air bersih, sehingga jika di Desa Seilale sudah berhasil dan masyarakat merasakan dampaknya, kita akan ke empat kecamatan,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, ia mengatakan proyek tersebut ditargetkan akan selesai pada September atau Oktober, agar masyarakat bisa segera nikmati air bersih. (MT-05)

Komentar

News Feed