oleh

Gus Sholah Meninggal Dunia

-Nasional-140 views

JAKARTA – Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang – Jawa Timur, KH Salahuddin Wahid atau Gus Sholah meninggal dunia, Minggu (2/2/2020).

Ulama juga juga adik dari mantan Presiden Indonesia KH Abdurrahman Wahid tersebut wafat usai kritis setelah operasi jantung di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukl 20.55 WIB,” kata putra Gus Solah, Irfan Wahid atau yang dikenal dengan nama Ipang Wahid lewat akun Twitter-nya, @ipangwahid, Minggu (2/2/2020).

Gus Sholah wafat pada usia 77 tahun. Ipang wahid meminta semua masyarakat mendoakan Gus Sholah.

“Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahummaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu…,” kata Ipang.

Ipang menyebut ayahandanya itu dirawat di rumah sakit sejak seminggu lalu. Setelah itu, pada Jumat (31/1/2020), Gus Sholah menjalani operasi karena ada masalah pada selaput jantungnya.

“Januari lalu kan (tindakan medis) ablasi, terus sudah sembuh balik ke rumah kok agak lemes terus balik lagi ada yang nggak beres di selaput jantungnya. Jadi ya akhirnya dioperasi ya sudah hari Jumat kemarin,” ujarnya.

Selain sebagai Ulama dan pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng di Jombang, Jawa Timur, Gus Sholah dikenal sebagai aktivis dan tokoh Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Ia pernah menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada masa awal reformasi 1998

Gus Sholah juga pernah menjadi kandidat wakil presiden pada pemilu presiden 2004, bersama dengan Wiranto. Langkahnya terhenti pada babak pertama, karena menempati urutan ketiga. (MT-06)

Komentar

News Feed