oleh

Sambut HPSN, Pemkot Tanam 100 Mangrove di Desa Nania

AMBON – Menyambut Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melakukan penanaman 100 anakan mangrove dan aksi bersih pantai di kawasan Desa Nania, Ambon, Jumat (14/2/2020).

“Hari ini kita berkumpul di pelataran rusun ASN untuk melaksanakan hari peduli sampah nasional, yang hari ini kita laksankan dengan berbagai kegiatan aksi bersih pantai  dan melaukan penanaman mangrove. Jadi saya berharap, kita bukan cuman kumpul tapi aksi nyata, bersih pantai dan tanam mangrove,” kata Sekretaris Kota Ambon AG Latuheru saat aksi bersih pantai dan penanaman tersebut, Jumat (14/2/2020).

Dikatakan, mangrove yang ditanam bukan kepentingan hari ini, namun untuk kepentingan anak cucu di masa depan.

Oleh karena itu, ia berharap mangrove yang ditanam dapat terus dijaga, serta tetap menjaga kebersihan pantai.

“Kalau kita mampu membersihkan pantai dan menjaga mangrove, maka kita mampu memberi kehidupan bagi mangrove yang kita tanam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon Luzia Izaak mengatakan, keberadaan mangrove di Kota Ambon ini semakin hari ini semakin tersisihkan sebagai dampak dari aktivitas pembangunan di darat maka perlu dilakukan penanaman mangrove.

Dikatakan, mangrove ini punya fungsi sangat banyak, terutama sebagai tempat berkembang biaknya biota laut

“Di hari peduli sampah ini ada kegiatan bersih-bersih yang sudah dilakukan, kemudian harus diperbanyak atau diperluas wilayah-wilayah mangrove,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga meminta kepada masyarakat yang tinggal di pinggiran pantai untuk tetap menjaga kebersihan pantai, sedangkan yang tinggal dekat dengan hutan mangrove perlu menjaga mangrove yang ditanam. (MT-05)

Komentar

News Feed