oleh

Satu Hektar Lahan di Lateri Dilalap Api

-Kebakaran-237 views

AMBON – Lahan kosong seluas satu hektar milik keluarga Pattiasina yang terletak di Kelurahan Lateri, Kecamatan Baguala Kota Ambon Senin (24/2/2020) ludes dilalap api.

Kebakaran tersebut berawal dari aktivitas Nia Talaksoru (60) pensiunan PNS yang berdomisili di Kelurahan Lateri RT 004/RT 003 membersihkan sampah daun di sekitar rumahnya dan selanjutnya membakarnya.

Usai membakar sampah Talaksoru masuk  ke dalam rumah, sekitar pukul 13.15 WIT, ia tersentak kaget tanpa di sadari akibat cuaca angin yang kencang api tersebut sudah menjalar dan melebar ke lahan kosong yang jaraknya sekira 100 meter dari rumah Talaksoru.

“Awalnya itu Talaksoru membakar sampah namun ia masuk ke rumah dan ketika kaget ternyata api sudah menjalar ke lahan kosong sehingga terjadi kebakaran seluas satu hektar karena angin kencang sehingga api dengan cepat menjalar,” jelas Kasubbag Humas Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Iptu Julkisno Kaisupy kepada malukuterkini.com, Senin (24/2/2020).

Dengan alat seadanya, Talaksoru bersama keponakannya berusaha untuk memadamkan api namun api tersebut tidak dapat dimatikan.

Barulah sekitar pukul 15.00 WIT, Bhabinkamtibmas Kelurahan Lateri  bersama anggota piket Polsek Baguala dan tiga unit mobil pemadam kebakaran  masing-masing tiga unit mobil Damkar Kota Ambon tiba di TKP dan langsung melakukan tindakan pemadaman api yg di bantu warga sekitar TKP.

“Sekitar pukul  17.15 WIT Unit Damkar Kota Ambon dibantu warga barulah api berhasil dipadamkan. Namun akibat kejadian itu kebun nenas dan pohon bambu yang berada sekitar TKP ludes,” ujar Kaisupy. (MT-04)

Komentar

News Feed