oleh

Ini Program Mahasiswa KKN PKM UKIM di Jemaat GPM Tihulale

-Pendidikan-200 views

AMBON – Mahasiswa KKN-PPM Universitas Kristen Indonesia Maluku (UKIM) Angkatan XLVIII telah menyelesaikan programnya di Jemaat GPM Tihulale, Klasis Kairatu pertengahan Maret 2020 lalu.

Tim yang terdiri dari Nining Gan, Yonaria Pattiapon, Vonda Leasa, Pingkan Alfons, Jems Porumau, Eveline Kastanja, Dennyela Siwabessy, Koce Tuatanasy, Melina Letelay, Rezky Tahalea, Yusuf Serpiela, dan Marsel Mangar telah melaksanakan sejumlah program di jemaat tersebut.

“Salah satu program yang dilaksanakan yaitu melakukan penyuluhan dan pelatihan kepada Anak-anak Sekolah Minggu Jemaat GPM Tihulale untuk mengenal PHBS sejak Dini, agar perilaku mereka bisa menampilkan pola hidup yang sehat dan bersih, sehingga berdampak pada kesehatan mereka,” ungkap Instruktur KKN PKM UKIM,  Resa Dandirwalu kepada malukuterkini.com, Jumat (20/3/2020).

Dijelaskan, program tersebut telah berlangsung 16 Februari 2020 lalu di Gedung Serbaguna Negeri Tihulale. Kegiatan tersebut diikuti oleh 184 anak-anak Sekolah Minggu.

Ia juga mengatakan PHBS perlu diketahui agar orang-orang dan lingkungan sekitar terlindung dari ancaman penyakit terutama ancaman virus Covid-19 yang lagi mewabah di seluruh dunia.

“Sekaligus menciptakan suatu kondisi bagi keluarga dalam sikap dan perilaku agar dapat menerapkan hidup sehat,” katanya.

Sementara itu, Instruktur KKN PKM UKIM Desvi Maspaitella menjelaskan, kegiatan pelatihan dilakukan dalam bentuk memberikan pelatihan tentang cara menyikat gigi yang baik dan benar, dan dilanjutkan dengan simulasi atau praktek yang dilakukan oleh anak-anak Sekolah Minggu dari setiap jenjang.

“Kedua kegiatan tersebut diikuti sangat baik oleh anak-anak Sekolah Minggu, karena mereka menganggap bahwa pengetahuan dan ketrampilan tentang PHBS sangat penting dan bermanfaat bagi mereka, sebagaimana yang disampaikan oleh seorang anak dan pengasuh,” jelasnya. (MT-04)

Komentar

News Feed