Sekilas Info

Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 1441 H Jatuh 24 April 2020

Menteri Agama, Fachrul Razi

AMBON - Pemerintah menetapkan awal puasa atau 1 Ramadhan 1441 Hijriah jatuh pada Jumat, 24 April 2020. Ketetapan itu berdasarkan hasil sidang isbat yang dihadiri sejumlah ormas Islam hingga ahli astronomi.

Sidang isbat digelar di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis (23/4/2020). Sidang isbat kali ini dihadiri terbatas secara fisik, mengingat masih dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) terkait Covid-19, sedangkan undangan lainnya mengikuti sidang isbat secara online.

Sidang isbat dipimpin langsung Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi. Selain itu, hadir pimpinan Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, ormas Islam, hingga ahli astronomi.

"Akhirnya kami dengan suara bulat menetapkan bahwa awal Ramadhan 1441 H jatuh pada esok hari atau bertepatan hari Jumat, 24 April 2020," kata Menag.

Secara khusus, Menag menjelaskan pemantauan hilal dilakukan di 82 titik di sejumlah wilayah Tanah Air.

Rukyatul hilal ini dilaksanakan oleh petugas Kanwil Kemenag provinsi bekerja sama dengan ormas Islam, BMKG, dan Mahkamah Agung Berdasarkan laporan yang disampaikan tim pemantau hilal, maka diketahui bahwa terlihat bulan baru yang menandai awal Ramadhan 1441 Hijriah.

"Menurut laporan dari titik-titik rukyatul hilal posisi hilal di atas wukuf berkisar antara 2 derajat 41 menit sampai dengan 3 derajat 44 menit," ujar Menag.

Sidang isbat sebelumnya dimulai dengan agenda penjelasan mengenai posisi hilal di akhir bulan Syakban oleh Lembaga Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Sidang kemudian digelar secara tertutup. Tamu undangan mendengarkan laporan dari tim rukyat. Selanjutnya, ormas Islam dan tamu undangan lainnya berdiskusi bersama Kemenag untuk menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!