Sekilas Info

Longboat Bersama 10 Penumpang Tak Ditemukan, Tim SAR Hentikan Pencarian

AMBON – Longboat bermuatan 10 orang penumpang yang hilang kontak di Perairan Pulau Kur dan Pulau Manggur, Kota Tual, sejak Selasa (2/6/2020) lalu hingga kini tak ditemukan. Tim SAR Gabungan pun menghentikan pencarian setelah 7 hari operasi SAR dilakukan.

“Pelaksanaan Operasi SAR terhadap longboat bermuatan 10 orang penumpang yang hilang kontak di Perairan Pulau Kur dan Pulau Manggur, Kota Tual, telah dilaksanakan selama 7 hari terhitung tanggal 2 – 8 Juni 2020 namun tidak ada tanda- tanda ditemukan korban,” ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon, Muslimin di Ambon, Senin (8/6/2020).

Dijelaskan, hasil koordinasi dengan potensi SAR terkait, tidak ada tanda- tanda korban ditemukan sehingga operasi SAR dinyatakan ditutup.

“Hasil koordinasi dengan potensi SAR terkait, tidak ada tanda-tanda korban ditemukan sehingga operasi SAR dinyatakan ditutup dan dilanjutkan dengan pemantauan dan pemapelan, jika ada informasi tentang keberadaan korban maka operasi SAR akan dibuka kembali,” jelasnya.

Ia menambahkan, selama seminggu pencarian dilakukan dengan tim SAR Gabungan melalui laut dengan menggunakan KNP Salawaku milik PPLP Tual maupun juga dibantu oleh sejumlah longboat milik masyaraat setempat.

Bahkan pada Kamis (4/6/2020) TNI Angkatan Udara mengerahkan pesawat Boeing 737-200 Intai Strategis AI-7301 dari Skadron Udara 5 Wing 5 Lanud Sultan Hasanuddin – Makassar untuk membantu pencarian

Sebagaimana diketahui, longboat yang berukuran panjang 8 meter dan lebar 1,5 meter serta berwarna biru – kuning dan didukung mesin berkapasitas 15 PK tersebut dalam perjalanan bersama lima longboat lainnya dari Desa Kanara menuju Desa Mangur, Selasa (2/6/2020) pukul 09.00 WIT.

Keenam longboat tersebut membawa sejumlah pemain sepak bola dengan supporter dari Desa Kanara berangkat menuju Desa Manggur. Namun sampai di perairan Desa Hirit, satu longboat bermuatan 10 orang berpisah dan mendahului rombongan. Namun lima longboat yang dari belakang justru tiba duluan di Desa Manggur. Satu longboat yang terpisah itu yang belum tiba sampai saat ini.

Berikut nama para penumpang yang hilang:

  1. Lapuji Tatroman (29 Tahun/L)
  2. Amir Jali Tatroman (20 Tahun/L)
  3. Joni Tatroman (16 Tahun /L)
  4. Umar Tatroman (16 Tahun /L)
  5. Abu Fakir Tatroman (18 Tahun /L)
  6. Aisya Tatroman (40 Tahun /P)
  7. Base Tatroman (26 Tahun /L)
  8. Jalila Tatroman (25 Tahun /P)
  9. Waisya Tatroman (26 Tahun /P)
  10. Afrizal Tatroman (14 Tahun /L)

(MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!