Sekilas Info

Pengurus IPKN Wilayah Timur Resmi Dilantik

AMBON - Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Timur periode 2020-2023 didalamnya termasuk Maluku resmi dilantik, Kamis (15/10/2020).

IPKN merupakan organisasi profesi bagi para pemeriksa keuangan negara yang bertujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa yang terdiri dari Pemeriksa BPK, Pemeriksa Internal BPKP, Pemeriksa Internal Daerah Inspektorar, Akademisi dan Praktisi.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) IPKN, Bahrullah Akbar yang dipusatkan di Makassar - Sulawesi Selatan.

Proses pelantikan diikuti seluruh jajaran wilayah timur meliputi Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat secara virtual ditandai dengan penandatanganan berita acara pelantikan  dan penyamatan PIN.

Ketua Umum DPN IPKN, Bahrullah Akbar dalam arahannya, mengatakan sesuai dengan UU Nomor 15 tahun 2016 tentang Pemeriksaan Keuangan, maka Badan Pemeriksa Keuangan  (BPK) wajib secara kolektif memiliki kompetensi profesional untuk melaksanakan tugas pemeriksaan yang dibuktikan dengan sertifikat profesional diterbitkan lembaga yang berwenang.

“Uewujudkan hal tersebut menurut Permenpan RB nomor 49 tahun 2018 maka jabatan fungsional wajib memiliki organisasi profesi berupa IPKN yang bertujuan meningkatkan kapasitas anggota dan menjamin terwujudnya standar kualitas profesionalitas pemeriksa. IPKN juga bertujuan membina meningkatkan kompetensi memeriksa keuangan negara secara sistematis dan berkesinambungan. IPKN menjadi wadah koordinasi komunikasi bagi pengetahuan pengalaman dan dukungan kelembagaan dengan lembaga organisasi profesi memiliki kompetensi yang sama," katanya.

Selain itu, menurutnya, IPKN juga meningkatkan sinergi dan kolaborasi tata kelola pemerintahan yang akuntabilitas dalam rangka perbaikan dan kesejahteraan masyarakat dalam mewujudkan anggaran pendapatan belanja daerah di setiap wilayah.

"Diharapkan keberadaan IPKN  menjadi wadah yang berguna untuk menjalin hubungan antar Badan pemeriksa Keuangan dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksa keuangan negara," ungkapnya.

Ia juga emngharapka para pengurus IPKN mampu memimpin, membina dengan baik sehingga kegiatan organisasi profesi yang mendukung peningkatan kompetensi profesionalitas kinerja daripada BPK.

"Kami berharap juga kepengurusan wilayah seluruh Indonesia yang dilantik sehingga dapat segera memberikan kontribusi bagi BPK," ungkapnya.

Di Maluku pengurus IPKN yang dilantik masing-masing dewan Konsultatif IPKN Maluku MJ Sapteno, Muspida, Fery Hendro Basuki dan Aderial Adelia Sementara IPKN Wilayah Maluku diketuai Muhammad Abidin. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!