Sekilas Info

Hendak Pasok Sabu Ke Rutan Ambon, Tiga Pria Diciduk

AMBON - Hendak memasok barang haram jenis sabu ke Rutan Kelas IIA Ambon, tiga pria diciduk tim berantas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Maluku.

Ketiganya yang diciduk masing-masing RP alias RR, RP alias E dan SS alias S.

Mereka ditangkap di lorong menuju Rutan Ambon Waiheru oleh tim berantas masing-masing RP alias RR, RP alias E  dengan Barang bukti 6 paket narkotika golongan  1 jenis sabu  dan SS alias S dengan barang bukti satu paket sabu.

Hal ini dibeberkan oleh Kepala BNN Provinsi Maluku, Brigjen Pol M Zainul Muttaqien dalam keterangannya didampingi stakeholder terkait di Gedung Keuangan Negara Ambon, Kamis (17/12/2020).

Muttaqien menjelaskan, penangkapan terhadap RP alias RR dan RP alias E padA Kamis tanggal 12 November 2020.

"Jadi pukul 08.00 WIT petugas kami terima informasi dari masyarakat tentang adanya pengantaran paket yang diduga berisi narkotika jenis sabu ke arah Rutan Kelas IIA Ambon. Berdasarkan informasi tersebut, petugas kami  bersama-sama melakukan penyelidikan dan mengkantongi profil calon tersangka untuk mengantar narkotika jenis tersebut dan kemudian hasil pemantauan  di gang masuk rutan  pada sekitar pukul 19.17 WIT, petugas melihat tersangka masuk ke dalam gang rutan di mana petugas sudah siap menangkapnya," jelas Muttaqien.

Dari tangan tersangka, penyidik menyita sabu. Tersangka tersebut adalah jaringan lokal.

"RP alias RR, RP alias E  kami temukan barang bukti yang ada padanya adalah 6 paket narkotika golongan  1 jenis sabu dalam plastik bening, HP Nokia, HP Samsung dan HP Vivo. Kita jerat Pasal 112 ayat 1, pasal 114 ayat 1 pasal 144 ayat 1 dan pasal 132 ayat 1 dengan ancaman hukuman seumur hidup  dan paling lama penjara 20 tahun," jelas Muttaqien.

Sementara itu untuk tersangka SS alias S Ditangkap 18 November 2020 pukul 18.00 WIT.

"Informasi dari masyarakat menyebutkan tersangka SS diduga memiliki narkotika dan selanjutnya petugas melakukan penyelidikan secara bersama-sama dengan tim di Jalan Sudirman, Tantui sekitar pukul 17.00 WIT. Petugas melihat tersangka keluar dari bengkel dan membawa kersanjang ayam  yang diduga berisikan sabu. Tersangka melewati JMP ke arah Nania  dan  setelah itu ke arah Rutan dan  petugas menangkap tersangka di gang masuk Rutan," ujarnya.

Dari penangkapan SS, ditemukan BB satu paket, HP, sepeda motor Honda Scoopy.

Tersangka dijerat Pasal 112 ayat 2, pasal 115 ayat 2 UU narkotika  dengan ancaman pidana mati atau sumur hidup atau pidana paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Kini para tersangka sudah ditahan di Ruang Tahanan BNNP Maluku. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!