Sekilas Info

Jelang HPSN 2021, DLHP Kota Ambon Gelar Aksi Bersih Pantai

Ilustrasi

AMBON – Menjelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 21 Februari 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) menggelar aksi bersih-bersih pantai.

Aksi bersih-bersih pantai yang berlangsung di Pantai Wainitu, Ambon Jumat (19/2/2021) yang melibatkan seluruh OPD pemkot, komunitas peduli sampah, dan masyarakat.

Kepala DLHP Kota Ambon Luzia Izaak mengatakan tahun ini tema HPSN adalah “Bakira Pilah Sampah”, dimana sampah menjadi bahan baku ekonomi di masa pandemi Covid-19.

"Jadi sampah menjadi bahan baku ekonomi di masa pandemi sehingga kita menyambutnya dengan tema “Bakira Pilah Sampah” karena jika kita sudah bakira dan sampah sudah dipilah otomatis nilai ekonomi dari sampah itu akan ternilai. Kita pencanangan hari ini dan besok kita harapkan disemua desa, negeri dan kelurahan melakukan juga hal yang sama dalam bentuk sapa berlian," kata Luzia kepada wartawan disela-sela kegiatan tersebut.

Ia mengakui,  Pemkot Ambon sebenarnya masih punya pekerjaan rumah, yaitu sampah yang dihasilkan masyarakat dan sampah yang terangkut di TPA itu sebenarnnya masih ada selisih dihasilkan dengan yang diangkut.

"Kita harus mencari solusi bagimana caranya agar sampah yang selisih itu jangan sampai terpapar di lingkungan sehingga makin berbahaya. Untuk itu, salah satunya kita ajak masyarakat sampah harus dipilah, supaya ada nilai ekonomi kebetulan," ujarnya.

Ditambahkan, tahun ini ada investor yang mau masuk ke Kota Ambon untuk membuat pabrik plastic sehingga warga harus dipersiapkan untuk memilah sampah.

"Dengan akan dibangun pabrik plastik di ambon itu tentunya harganya naik, tentunya itu akan mempengaruhi pendapatan masyarakat," katanya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!