Sekilas Info

Kemhan Setujui Revitalisasi Benteng Victoria & Relokasi Makodam Pattimura

PERTEMUAN – Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy saat pertemuan dengan Wamenhan, Letjen TNI Muhammad Herindra, di Gedung Kemhan, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

AMBON - Rencana revitalisasi Benteng Victoria serta Relokasi Markas Kodam XVI Pattimura oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, mendapat persetujuan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Letjen TNI Muhammad Herindra mengaku pada prisipnya Kemhan menyetujui dan merestui rencana revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi Markas Kodam XVI Pattimura.

“Kita sudah mendapat informasi, tentang relokasi Markas Kodam XVI Pattimura yang baru di Desa Tawiri. Tujuan revitalisasi Benteng Victoria juga jelas peruntukkannya. Jadi kami setuju dan dukung rencana tersebut,” kata Wamenhan saat menerima kunjungan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Gedung Kemhan, Jakarta, Jumat (19/2/2021).

Wamenhan menjelaskan, rencana untuk merevitalisasi Benteng Victoria yang sudah ditetapkan lewat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai  Cagar Budaya Nasional guna menarik perhatian wisatawan adalah langkah sangat tepat karena dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Revitalisasi ini akan membawa dampak yang positif bagi peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ini langkah yang tepat dan sangat baik,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy dalam paparannya mengatakan, permohonan audiensi bersama Kementerian Pertahanan, merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang sudah dilakukan sebelumnya bersama Kementerian PUPR dan beberapa kementerian terkait lainnya.

“Dari hasil audiensi bersama Kementerian PUPR, kita diminta untuk meminta restu dari Kemhan agar selanjutnya rencana revitalisasi dan relokasi tersebut dapat di-follow up oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Dijelaskan, setelah memperoleh persetujuan dan restu dari Kemhan, Pemkot Ambon dalam waktu dekat akan menyerahkan laporan resmi ke Kantor Staf Kepresidenan untuk kemudian ditindaklanjuti melalui rapat koordinasi kementerian dan lembaga terkait.

“Sebelumnya, kita sudah melakukan pertemuan dengan Pak Moeldoko, dan beliau sudah menugaskan Deputi 1 untuk menangani kelanjutan prosesnya,” jelasnya.

Untuk revitalisasi itu sendiri, kata Wali Lota , akan mengacu pada desain mula-mula Benteng Victoria yang saat ini ada di salah satu museum di Belanda.

“Revitalisasi akan mengikuti desain awal Benteng Victoria. Semacam replikasi dengan mengikuti sketsa yang ada, sehingga nilai sejarah Benteng tersebut tetap terjaga,” akuinya.

Wali Kota Ambon yang dalam pertemuan tersebut didampingi oleh Kepala Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan Kota Ambon Enrico Matitaputty, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon R Hayat serta Kepala Bagian Komunikasi Pimpinan dan Protokol A Mintik.

Sementara Wamenhan didampingi Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Dirjen Kuathan Marsda TNI Ponang Jawoto, Kapus BMN Laksma TNI Agus Ismanto dan Karohumas Brigjen TNI Ignatius Eko Djoko. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!