Sekilas Info

Ratusan Pengelola Ikut Bimtek Akreditasi Perpustakaan Sekolah

AMBON - Sebanyak 198 pengelola perpustakaan tingkat SD dan SMP mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Akreditasi Perpustakaan Sekolah di Kota Ambon.

Bimtek yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Senin (26/4/2021).

Walikota Ambon Richard Louhenapessy dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III Sekkot Ambon, Rulien Purmiasa mengatakan, di tengah berada di era industri 4.0 yang berarti ada dalam era pertarungan ide, gagasan dan teori yang lebih baru serta mampu menjawab kebutuhan kekinian maka pertarungan ide, gagasan dan teori hanya bisa terjadi jika banyak membaca.

Ia mengakui, Kota Ambon terdapat kurang lebih 202 SD/MI dan 50 SMP/MTs di Kota Ambon. Ada yang punya ruangan khusus untuk perpustakaan tapi ada juga yang punya ruangan untuk perpustakaan.

"Tidak cukup mempunyai perpustakaan, tapi juga harus dipastikan apakah penyelenggaraan dan pengelolaannya berdasarkan standar nasional perpustakaan atau tidak, itu yang paling penting," ungkapnya.

Dikatakan, kegiatan Bimtek Akreditasi Perpustakaan Sekolah bisa mengukur sendiri seperti apa perpustakaan di sekolah-sekolah.

"Saya berharap setelah kegiatan ini perpustakaan sekolah dapat sudah mengajukan permohonan untuk akreditasi. Ingat, layanan kita adalah layanan yang mengacu pada standar pelayanan minimal," harapnya.

Sementara itu, Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional, Adriati menjelaskan, perpustakaan dalam  penyelenggaraannya harus sesuai standar, untuk diketahui terselengaraanya perpustakaan harus sesuai standar dan dilakukan secara akreditasi. Nah, nanti dilihat dari hasil penilaian.

"Jadi nanti dalam penyelenggaraan perpustakaan secara standar, peserta akan tahu bahwa bagaimana cara terakreditasi dan harus melewati beberapa yakni,  standarnya, peraturannya, pedomannya," jelasnya.

Oleh karena itu, dalam penyelenggaraanya ada enam komponen yang akan dilihat yaitu koleksi, sarana prasarana, pelayanan, penyelenggaraan, penguat.

"Komponen ini harus ada, apalagi di sekolah-sekolah perpustakaan merupakan sumber ilmu pengetahuan, sekolah sebagai penunjang, dimana dari kegiatan pembelajaran terpusat pada perpustakaan," ungkapnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!