Sekilas Info

Curi Uang Rp 5 Juta, Dua Pengojek Dituntut 5 Tahun Penjara

Ilustrasi

AMBON - Lantaran mencuri uang senilai Rp 5 juta, Epot dan Anggy, dua warga Ambon yang berprofesi sebagai tukang ojek itu  dituntut penjara lima tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku.

Tuntutan pidana penjara ini dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU), Chaterina Lesbata dalam sidang yang berlangsung di Pengadilan Negeri Ambon, Kamis (6/5/2021).

"Meminta majelis hakim menuntut kedua terdakwa dengan pidana penjara masing-masing selama 5 tahun," tandas Jaksa Chaterina dalam sidang yang dipimpin Majelis Hakim  yang diketuai, Lutfi. Sementara  terdakwa didampingi penasehat hukumnya Herberth Diadara.

Jaksa dalam tuntutan  juga meminta agar barang bukti berupa uang senilai Rp 5 juta itu dikembalikan kepada yang berhak.

"Barang bukti berupa uang tunai Rp 5 juta dan satu unit kendaraan bermotor dilembalikan kepada yang berhak," jelas Jaksa.

Untuk diketahui, sebelumnya dalam dakwaan JPU mengatakan kedua terdakwa melakukan aksi penjambretan 11 Agustus 2020.

"Terdakwa melakukan pencurian berupa satu tas kantong yang berisikan uang sebesar Rp 5 juta milik korban didahului disertai atau diikuti dengan kekerasan atau ancaman kekerasan," kata JPU.

JPU menyatakan akibat perbuatan para terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pidana berdasarkan ketentuan pasal 365 ayat 2 ke-1 dan ke-2 KUHP pidana junto pasal 53 ayat 1 KUHP pidana. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!