Sekilas Info

Ratusan WBP Lapas Ambon Ikut Salat Idul Adha

AMBON - Ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon mengikuti Salat Idul Adha 1442 H, dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Sedikitnya 184 WBP yang beragama muslim ini melaksanakan Salat Idul Adha di Masjid At Taubah Lapas Ambon, Selasa (20/7/2021).

Salat dipimpin oleh Pengurus Masjid At Taubah, Fridi Kaimudin, yang juga sebagai salah satu staf seksi Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimaswat) Lapas Ambon.

Pelaksanaan Salat Idhul Adha kali ini terasa berbeda sebab hanya diperuntukan bagi warga binaan tanpa melibatkan jamaah dari luar baik keluarga maupun masyarakat sekitar.

“Pada perayaan Idul Adha tahun  ini, pelaksanaan salat masih tetap dilaksanakan hanya diperuntukan oleh warga binaan dengan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri.

Dikatakan, warga binaan yang akan mengikuti salat berjamaah wajib menggunakan masker dan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum masuk ke area masjid.

“Posisi shaf juga diatur sedemikian rupa sehingga memberikan jarak antar jamaah sebagaimana yang telah dianjurkan oleh pemerintah melaui Majelis Ulama Indonesia (MUI),” katanya.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu tindakan pencegahan penyebaran Covid-19

Walaupun perayaan Idul Adha di tengah pandemi Covid-19 ini, terasa berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, Saiful berharap dapat membangun kepedulian terhadap sesama.

"Saya berharap perayaan Idul Adha  kali ini dapat membangun kepedulian terhadap sesama," ujarnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!