Sekilas Info

Kemenkominfo: Tugas & Kewenangan Diskominfo di Daerah Sering Tumpang Tindih

JAKARTA, MalukuTerkini.com - Tugas dan kewenangan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) biasanya sering dijalankan dinas dan badan lain.

Bahkan, dinas dan badan terkait tidak ingin menyerahkan tugas dan fungsi ke Diskominfo. Akibatnya, sering terjadi tumpang tindih di daerah.

Hal itu diungjapkan disampaikan Direktur Layanan Aplikasi Informatika Pemerintahan Kementerian Kominfo (Kemenkominfo), Bambang Dwi Anggono, saat bertemu Kepala Diskominfo  se-Provinsi Maluku di Jakarta, Rabu (25/6/2022).

Rapat ini sebagai tindak lanjut hasil Rapat Forum OPD Diskominfo kabupaten/kota di Kabupaten Maluku Tenggara,  medio April 2022 lalu.

"Jadi memang kami sementara menyusun regulasi terkait dengan tugas Dinas Kominfo. Kami berharap tidak ada tumpang tindih dalam kegiatan. Jadi daerah perlu melakukan harmonisasi sesuai aturan yang di buat pusat," jelasnya.

Menurutnya,  selama ini antar kementerian tidak terjadi tumpang tindih, sehingga di daerah tidak boleh terjadi.

“Perlu ada reviu di Pemda terkait aturan dan pembagian kewenangan antar OPD agar tidak terjadi tumpang tindih sesuai Peraturan yang dikeluarkan pemerintah pusat," ungkapnya.

Dikatakan, pertemuan itu untuk mempererat kerjasama lebih lanjut antara pusat dan daerah lebih khusus terkait program-program Kominfo di pusat dan didaerah.

"Banyak program terkait sarana telekomunikasi untuk memastikan seluruh masyarakat mendapat telekomunikasi yang terbaik. Juga terkait dengan e-goverment yang bisa membantu daerah menjawab tantangan pembiayaan yang terbatas, sehingga daerah tidak menanggung karena sudah ditanggung Kemenkominfo. Kemudian terkait pengalihan Televisi analog ke digital dan juga terkait informatika dan ekonomi digital," katanya.

Tak hanya itu, lanjut dia, pertemuan yang digelar menjadi sarana untuk sinkronisasi pusat dan daerah agar terjadi kerjasama yang maksimal dan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!