Sekilas Info

Kantongi KTA, Herman Koedoeboen Sudah Lama Bersama PDIP

Herman A. Koedoeboen

AMBON, MalukuTerkini.com – Herman Adrian Koedoeboen resmi mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP.

Ia mengaku perolehan KTA PDIP tersebut hanyalah legitimasi formal administratif karena ideologis dan historis dirinya sudah lama terafiliasi dengan ideologis kebangsaan PDIP.

“Tidak ada tujuan spesifik personal dari perolehan KTA tersebut, tetapi hanyalah bentuk legitamasi untuk mewadahi partisipasi sosial dan politik pribadi. Ttidak ada target politik tertentu yg menjadi agenda utama,” ungkap Herman, Sabtu (13/8/2022).

Mantan Bupati Maluku Tenggara itu juga mengaku  di luar prediksinya, muncul spekulasi politik atas perolehan KTA tersebut.

“Secara rasional sampai dengan saat ini tidak ada faktor yg menginspirasi saya untuk berkeinginan mendapat posisi tertentu,” ujarnya.

Terkait Pilkada Maluku 2024, Herman mengatakan, beberapa waktu ada wacana di media terkait dirinya menjadi kontestan.

“Sehubungan dengan adanya wacana publik terkait pilkada beberapa waktu lalu melalui media, saya menghormati wacana itu., namun saya tidak ingin terjebak dalam diskursus itu,” katanya.

Ia menjelaskan, wacana publik memiliki logika dan argumen tersendiri sedangkan mekanis politik dalam menentukan bakal calon maupun gubernur/wagub juga mempunyai logika dan argumen tersendiri.

“Kadang memang berkorelasi tetapi dari pengalaman empiris lebih banyak tidak berkorelasi. Hemat saya spekulasi politik sebaiknya dihindari,” jelasnya.

Herman menyarankan agar energi publik diarahkan untuk menciptakan psikologi politik yang nyaman bagi kepada Gubernur dan Wagub Maluku dalam melaksanakan tugas dan amanat masyarakat.

“Saran saya sebaiknya energi kita semua diarahkan untuk menciptakan psikologi politik yang nyaman bagi kepada Pak Gubernur dan Pak Wagub dalam melaksanakan tugas dan amanat masyarakat Maluku. Tidak perlu membuat perhatian mereka baik langsung atau tidak langsung dalam diskursus ini, karena akan menggangu kinerja mereka. Itu tidak produktif,” ungkapnya.

Publik, tandasnya, harus dukung agar Gubernur dan Wagub Maluku sukses untuk kepentingan bersama masyarakat Maluku. “Janganlah kita mengharapkan kegagalan, karena yang rugi adalah juga kita semua masyarakat Maluku,” tandasnya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!