Sekilas Info

Pameran Alutsista TNI di Ambon

Lanud Pattimura Pamerkan Kendaraan Penerangan Landasan Pacu Bandara

AMBON, MalukuTerkini.com - Pangkalan TNI Angkatan Udara (Lanud) Pattimura memakerkan sejumlah alat utama sistem senjata (alutsista) saat pameran yang dipusatkan di Lapangan Merdeka, Ambon, Sabtu (1/10/2022) hingga Minggu (2/10/2022).

Salah satunya adalah kendaraan Portable Solar Powered Led Airfield Lighting System atau kendaraan penerangan landasan pacu bandara.

Di hadapan Pangdam XVI Pattimura, Mayjen TNI Ruruh Aris Setyawibawa dan pejabat lainnya, Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Tiopan Hutapea memperlihatkan dan memamerkan sejumlah alutsista tersebut.

"Lampu ini dipakai ketika emergency situasi di bandara Pattimura terutama pada keamanan VIP," ujar Danlanud seraya menunjukan lampu tersebut.

Ia mencontohkan, ketika kedatangan presiden dengan jarak pandang dibawah maka lampu ini digunakan. Sama halnya dengan tamu VIP seperti kedatangan KSAU beberapa waktu lalu dengan jarak pandang tidak memenuhi sehingga dialihkan ke Kendari barulah kemudian kembali lagi ke Bandara Pattimura

"Jadi   itu untuk keamanan VIP walaupun bandara sudah ada tapi ini digunakan untuk emergency situasi terjadi maka ini yang dipakai," kata penerbang pesawat angkut ringan ini.

Sebagaimana diketahui, Portable Solar Powered Led Airfield Lighting System (A074), produk dari Carmanah Technologies Corporation yang berasal dari Kanada dengan sistem pencahayaan Lapangan Udara LED Tenaga Surya yang dinamis, yang dapat diaplikasikan sebagai runway light maupun taxiway light pada airstrip permanen maupun airstrip sementara atau airstrip darurat bagi kepentingan alur penerbangan, sebagai solusi untuk selalu siap dalam setiap keadaan, situasi darurat, lapangan terbang darurat/sementara, penyiapan pangkalan aju, helipad darurat/sementara atau bahkan pemulihan kerusakan lapangan terbang..

Sistem tersebut,  dapat dioperasionalkan dengan menggunakan Handheld Controller yang merupakan pengendali jarak jauh dengan frekuensi 900 MHz terenkripsi dengan jangkauan 2,5 mil (4 km), sehingga, operator dapat mengoperasikan lampu sesuai dengan kebutuhan tanpa harus menjangkau lampu yang sudah tergelar.

Selain Portable Solar Powered Led Airfield Lighting System ini, lanud Pattimura juga memamerkan Motor kawal Pom, Seragam Pom, PDL Swabuana paksa (SBP) & PDL PGT Paskhas, pesawat aeromodelling & drone dan persenjataan TNI-AU. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!