Sekilas Info

Gubernur Maluku Ingin Lulusan IAIN Ambon Jadi Pelopor Kemajuan

AMBON, MalukuTerkini.com - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon mewisudakan 266 lulusan, Kamis (29/11)2022).

Wisuda berlangsung dalam Sidang Senat Terbuka dalam rangka Wisuda Sarjana ke-25 dan Magister ke-16 Periode II serta Dies Natalis ke-16, di Auditorium IAIN Ambon dan dihadiri langsung oleh Gubernur Maluku Murad Ismail.

Dalam sidang senat dipimpin oleh Rektor IAIN Ambon Zainal Abidin Rahawarin.

266 lulusan  itu terdiri Program Pasca Sarjana (25 orang), Fakultas Ushuluddin dan Dakwah 72 orang, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (155 orang) dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (114 orang).

Gubernur Maluku Murad Ismail mengatakan, IAIN Ambon sebagai kampus kebanggaan umat Islam di Maluku, diharapkan mampu mengembangkan kemampuan melalui iman dan taqwa, serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang saling menyempurnakan sehingga lahir lulusan yang memiliki keunggulan komparatif di bidang masing-masing.

"Saya mengharapkan semua wisudawan dapat mengambil peran dalam proses pembangunan sesuai bidang keilmuan dan potensi yang dimiliki. Jadikanlah diri Anda sebagai pelopor kemajuan masyarakat. Dalam dunia yang semakin kompetitif, kita harus terus belajar dan mengembangkan diri sehingga memperoleh kualitas individu yang lebih baik dalam menjalani kehidupan di masyarakat," kata Gubernur.

Gubernur juga memberikan apresiasi dan dukungan seluruh civitas akademika IAIN Ambon atas perjuangan untuk pengembangan lembaga menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Ambon.

"Semoga proses alih status yang menjadi harapan kita semua dapat segera diwujudkan dalam waktu yang tidak terlalu lama," ujar Gubernur.

Di tempat yang sama, Rektor IAIN Zainal Abidin Rahawarin dalam laporan akademiknya menjelaskan mengenai pelaksanaan perubahan dan peningkatan kualitas akademik selama dua tahun terakhir, diantaranya pembukaan Fakultas Ekonomi dan bisnis Islam, pembukaan tiga prodi pascasarjana dan empat prodi strata satu, akreditasi institusi dan membiayai proses akselerasi guru besar di lingkungan IAIN Ambon untuk menambah jumlah guru besar yang telah ada.

"Juga meningkatkan networking dengan berbagai lembaga penyediaan sarana dan prasarana serta proses alih status IAIN menjadi UIN Ambon," jelansya.

Sidang senat dihadiri, Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Muhammad Ali Ramdani, Sekda Maluku Sadali Ie, Kadis Pendidikan Maluku Insun Sangadji dan civitas akademika. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga