Sekilas Info

HPSN 2023, Ambon Harus Terbebas dari Sampah

AMBON, MalukuTerkini.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bersama Ikatan Masyarakat Nelayan Maluku(IMNM) menggelar bakti sosial, sosialisasi tentang sampah dan penanaman mangrove  di kawasan Desa, Kecamatan Baguala, Amon, Selasa (21/2/2023).

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN),

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menegaskan, target Pemkot Ambon adalah Ambon bersih, sehingga kota ini harus terbebas dari sampah.

"Jadi kalau kita mau menilai secara objektif, saya rasa apa yang  kami lakukan hari ini sudah lebih baik dari sebelumnya, tetapi kami punya  target yakni target kami adalah perwujudan Ambon bersih karena yang paling penting adalah kota ini mestinya  terbebas dari Persoalan Sampah. Kami sadari sungguh bahwa setiap Kota pasti  dihadapi dengan persoalan sampah tidak ada kota yang tidak menghadapi masalah ini, tapi kalau kita bisa mengeliminir dan mengurangi dampak Negatif dari sampah ini itu baru kita berhasil," tandas Wattimena.

Dijelaskan, Pemkot Ambon berkeinginan kota ini harus terlihat bersih ,di siang hari tidak boleh ada sampah yang terlihat.

“Kita tidak hanya lakukan tindakan yang sifatnya konvensional dari menampung, mengangkut dan membuang tetapi kali ini kita akan mengelolanya. Oleh karena itu, kita ingin hari ini semua elemen masyarakat di Kota Ambon ini, memahami sungguh bahwa kita butuh pengelolaan sampah secara Terpadu karena itulah satu- satunya cara untuk atasi,persoalan sampah di Kota ini," jelasnya.

Sementara itu, Ketua IMNM Burhanudin Rombouw mengatakan, kegiatan  HPSN ini merupakan salah satu program prioritas IMNM agar mewujudkan program Pemkot Ambon yakni Ambon bersih.

"Ini merupakan kegiatan lanjutan karena kita pernah lakukan kegiatan kebersihan juga beberpaa bulan yang lalu di Rumah tiga dan ini kegiatan lanjutan untuk Aksi Peduli lingkungan. Harapnya kami sebagaiman ada di perwujudan dari Pak Walikota salah satunya adalah Bagimana ambon bersih itu adalah target, maka  targetnya adalah bagaimana menjaga lingkungan yang ada diteluk ambon ini agar tetap bersih dan Manggrov yang ada di teluk ini juga tetep hidup," katanya.

Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan  menjadi bagian dari pada bagimana menyadarkan masyarakat bahwa sampah itu bukan hanya tangungjawab pemerintah sendiri tapi tanggungjawab bersama. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!