Sekilas Info

BMKG Cek Alat Penyebar Informasi Gempa & Tsunami di Balai Kota Ambon

AMBON, MalukuTerkini.com - BMKG Stasiun Geofisika Ambon melakukan pengecekan peralatan informasi kejadian gempa bumi dan tsunami atau Warning Receiver System (WRS) New Generation yang terpasang di Balai Kota Ambon, Selasa (28/2/2023).

WRS New Generation,  merupakan peralatan penerima diseminasi informasi Gempabumi dan peringatan dini tsunami berupa smart display. Dimana menjamin stakeholder menerima informasi gempa bumi dan peringatan dini tsunami untuk mengambil langkah penting selanjutnya.

Kepala BMKG Stasiun Geofisika Ambon, Djati Cipto Kuncoro kepada wartawan menjelaskan, peralatan tersbeut terpasang di seluruh Indonesia termasuk tiga diantaranya di Kota Ambon berfungsi untuk menyebarluaskan informasi kejadian gempa bumi dan potensi tsunami.

“Jika memang ada potensi tsunami maka alat ini juga akan memberikan informasi terkait wilayah mana yang akan terdampak," jelasnya

Menurut Djati, tahun ini BMKG berupaya untuk melakukan update terkait jaringan komunikasi karena sangat dibutuhkan.

"Jadi kebetulan di tahun ini kami melakukan update terkait jaringan komunikasi dan diseminasi informasi. Untuk hari ini beberapa  ini untuk jaringan komunikasi menggunakan GSM ini kami melakukan perbaikan termasuk aktivasi peralatan diseminasi informasi kejadian gempa bumi dan tsunami  di Balai Kota dan LPP RRI Ambon," kata Djati. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!