Sekilas Info

Jangan Lupa! Cek 6 Komponen Mobil Ini Saat Hendak Mudik Lebaran

AMBON, MalukuTerkini.com - Melakukan perjalanan mudik Lebaran dengan menggunakan mobil pribadi tentu memberi kepraktisan dan fleksibilitas yang lebih baik dibanding menggunakan transportasi umum. Namun agar perjalanan aman dan nyaman, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan terlebih dahulu.

Salah satunya yakni mengecek komponen-komponen penting pada mobil. Pengecekan mobil sejatinya harus dilakukan secara berkala dan menyeluruh, apalagi jika hendak melakukan perjalanan jarak jauh. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan fungsi dari masing-masing komponen.

Lantas, apa saja komponen penting pada mobil yang perlu kamu cek sebelum melakukan perjalanan mudik? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ulasannya.

Mesin

Mesin tentunya merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus senantiasa dicek kelayakannya, apalagi sebelum melakukan perjalanan jarak jauh. Agar lebih maksimal, ada baiknya membawa mobil ke bengkel untuk mendapat pengecekan secara menyeluruh.

Mintalah mekanik melakukan tune-up standar, mulai dari membersihkan mesin, menyetel ulang klep dan busi, serta mengganti oli. Jangan lupa untuk mengecek saluran bahan bakar ke ruang bakar, terutama bila ring piston sudah menunjukkan gejala aus, maka harus segera diganti. Bila perlu, ganti busi lama dengan yang baru agar proses pengapian berjalan lebih sempurna.

Radiator

Radiator merupakan perangkat sistem pendinginan mobil yang wajib dicek sebelum melakukan perjalanan mudik. Sebab, komponen ini berperan penting untuk menjaga performa mesin mobil agar tidak mengalami overheat atau panas berlebihan saat dalam perjalanan.

Selalu pastikan untuk memeriksa kondisi cairan radiator sebelum menempuh perjalanan. Jika perlu, kuras dan ganti dengan cairan yang baru.

Perlu diingat mobil zaman sekarang umumnya memiliki mesin dengan kinerja yang tinggi. Karenanya, gunakan cairan coolant untuk mengisi radiator dan hindari penggunaan air maupun cairan lainnya karena justru merugikan.

Ban

Saat mudik, tentunya akan dihadapkan dengan berbagai kondisi jalanan. Karena itu, penting untuk memastikan ban mobil dalam keadaan prima dan layak pakai.

Pastikan untuk mengecek permukaan dan ulir pada ban. Sebab, ban yang kondisi permukaannya sudah tidak layak pakai akan mengalami penurunan daya cengkram terhadap permukaan jalan. Kondisi ban seperti ini tentunya sangat berbahaya, apalagi jika terpaksa berkendara dalam keadaan cuaca hujan.

Jangan lupa untuk mengecek gejala aus atau retak pada permukaan ban. Jika perlu, ganti ban lama dengan yang baru sebelum menempuh perjalanan mudik Lebaran.

Wiper

Selain ban, komponen lain yang memiliki fungsi penting saat cuaca hujan adalah wiper. Apalagi saat hujan turun deras, wiper sangat penting untuk memastikan pandangan di sekitar mobil jelas dan tidak terhalang.

Pengecekan wiper bisa kamu lakukan dengan memeriksa kondisi karet wiper. Jika sudah dalam kondisi yang tidak layak, maka jangan ragu untuk menggantinya. Kemudian, cek pula air pembersih kaca pada wiper. Selalu pastikan cairan wiper terisi agar dapat membersihkan kaca mobil yang kotor usai diguyur hujan.

Lampu

Meski terkesan sepele, lampu merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Periksa kembali sistem kelistrikannya, terutama sambungan kabel, kondisi kabel secara keseluruhan, serta bohlamnya.

Jangan hanya mengecek lampu utama (headlights) saja. Pastikan pula lampu belakang dan lampu belok (turn signals) pada mobil dapat berfungsi dengan baik. Hal ini guna menunjang keselamatan kamu selama berkendara.

Kaki-kaki & Rem

Kaki-kaki pada mobil meliputi komponen seperti suspensi, tie rod, ball joint, pelek, hingga bautnya. Komponen-komponen tersebut memiliki peran yang sangat vital untuk menopang mobil saat melakukan perjalanan jauh.

Selain komponen-komponen di atas, jangan lupa juga untuk memeriksa kondisi rem. Jika kampas rem sudah tidak nyaman dipakai, maka segera ganti dengan yang baru. Jangan lupa menguras dan mengganti minyak rem, apalagi jika sudah melebihi masa pakai. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!