Sekilas Info

Waspada! Ini Wilayah di Maluku yang Berpotensi Banjir Rob

Ilustrasi

AMBON, MalukuTerkini.com - Adanya fenomena fase Bulan Baru dan Gerhana Matahari Hibrid, Kamis (20/4/2023) berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum.

“Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (ROB) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia termasuk wilayah Maluku pada rentang waktu antara 19 – 25 April 2023,” ungkap Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Ashar dalam keterangannya, Senin (17/4/2023).

Ia merincikan banjir pesisir (ROB) berpotensi terjadi Pesisir Seram Bagian Barat, Pesisir Seram Bagian Timur, Pesisir Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Pesisir Selatan Pulau Seram, Pesisir Wilayah Banda, Pesisir Kepulauan Tanimbar, Pesisir Kepulauan Kei dan Pesisir Kepulauan Aru.

“Potensi banjir pesisir (ROB) ini berbeda waktu (hari dan jam) di tiap wilayah, Potensi banjir pesisir (ROB) ini secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan dan aktivitas di pemukiman pesisir,” ungkapnya.

Ashar megimbau masyarakat untuk tidak panik serta selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!