Sekilas Info

Gubernur: Ekonomi Maluku Terus Tumbuh

Gubernur Maluku, Murad Ismail

AMBON, MalukuTerkini.com - Gubernur Maluku Murad Ismail mengaku angka pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibanding pertumbuhan ekonomi nasional yang sebesar 4,94% year on year (yoy).

Hal ini disampaikan oleh Gubernur dalam sambutannya saat menghadiri Acara Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) Provinsi Maluku Tahun 2023, di Ambon, Kamis (30/11/2023).

PTBI Provinsi Maluku Tahun 2023 dengan tajuk "Sinergi Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Nasional", yang digelar oleh Kantor Perwakilan BI Provinsi Maluku ini dihadiri Forkopimda Maluku, Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Rawindra Adriansah, Sekda Maluku Sadali Ie, Kepala Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, pimpinan instansi vertikal dan para pimpinan perbankan.

"Pertumbuhan ekonomi ini, didukung oleh inflasi yang tetap terkendali. Data BPS terkini menunjukkan tingkat inflasi gabungan kota indeks harga konsumen (IHK) di Maluku sebesar 3,62% (yoy) per oktober 2023, kembali pada level target inflasi nasional yang sebesar 3% (yoy), setelah pada akhir tahun 2022, inflasi maluku sempat tinggi mencapai level 6%,” jelas Gubernur.

Gubernur juga menyampaikan, selamat serta apresiasinya kepada Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku yang telah bersinergi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku dalam upaya pengembangan ekonomi Provinsi sehingga dapat terus tumbuh hingga pada triwulan III 2023 mencapai 5,69% (yoy).

Gubenrur berharap pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan, terutama pertanian dan perikanan, melalui peningkatan nilai tambah dan daya saing komoditas, perlu dilakukan termasuk pengembangan UMKM, melalui dukungan pembiayaan dari perbankan.

“Pemprov Maluku, terus mendorong investor, untuk berinvestasi di sektor pariwisata, salah satunya pulau Banda, dengan melakukan event-event menarik, berbasis kearifan lokal, guna meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah ini,” ungkapnya.

Pada pertemuan tahunan tersebut, Bank Indonesia Maluku juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada Pemprov Maluku dan Badan Usaha. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!