Sekilas Info

Puluhan Dokter Muda Lulusan Unpatti Ucap Ikrar & Janji

AMBON, MalukuTerkini.com - Sebanyak 47 dokter muda lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) mengucap Ikrar dan Janji Dokter Muda.

Pengucapan Ikrar  dan Janji Dokter Muda tersebut berlangsung di Auditorium lantai 3 FK Unpatti, Ambon Kamis (14/12/ 2023).

Sebanyak 47 Dokter Muda mengucapkan janji yang dibacakan oleh Dekan FK Unpatti, dr. Bertha Jean Que  didampingi para rohaniawan.

Ikrar janji yang diucapkan harus dihayati serta diaplikasi saat mereka melaksanakan praktik atau coass di Rumah Sakit Pendidikan M Haulussy - Ambon

Setelah pembacaan ikrar janji dilanjutkan dengan penyerahan dokter muda oleh Dekan FK Unpatti kepada RSUD Haulussy yang diwakili oleh Wakil Direktur Penunjang Medis, Rosdiana Perau

Dekan FK Unpatti dalam sambutannya mengatakan menjadi dokter tidak hanya cukup dengan membaca buku saja akan tetapi pengetahuan dan keterampilan harus terus dilatih.

“Saat anda  menjalankan coass disitulah anda belajar untuk bersimpati dan berempati dengan para pasien, dibutuhkan kemandirian dan tekat yang kuat, dalam menangani kasus pasien anda harus melayani dengan segenap hati, belajarlah dari para pembimbing (dokter Spesialis) agar anda mendapat ilmu sebanyak-banyaknya dan itu dapat menjadi  bekal saat menjadi dokter. Teruslah belajar dan tingkatkan displin diri karena profesi kita berhubungan dengan nyawa manusia,” ungkapnya.

Ia berharap, 47 dokter muda terus belajar sehingga dapat menyelesaikan coassnya tepat waktu dan dapat mengembangkan serta meningkatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dalam bidang kedokteran.

Sementara itu  Wakil Direktur Penunjang Medis RSUD Haulussy, Rosdiana Perau  dalam sambutannya mengatakan, kuliah kedokteran membutuhkan fase belajar dan berlatih untuk mendapatkan pengalaman nyata.

“Pada tahap praklinis, calon dokter hanya mendapatkan teori saja namun pada tahapan coass dokter muda akan langsung berhubungan dengan pasien yang membutuhkan pengobatan sehingga mereka akan mendapatkan pengalaman langsung. Para dokter muda ini  diharapkan  terus belajar  dari para dokter pembimbing sehingga nantinya mereka dapat menyelesiakan coass tepat 2 tahun,” katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!