Sekilas Info

Seminar Nasional Kebudayaan Islam di Maluku Digelar

AMBON, MalukuTerkini.com - Seminar Nasional Kebudayaan Islam di Maluku digelar, dalam rangkaian Festival Alfatah Ambon, Senin (26/2/2024).

Dibawah sorotan tema "Menjadi Islam Maluku: Menata Interrelasi Agama dan Peradaban di Bumi Raja-raja", seminar itu menghadirkan empat narasumber M Amin Abdullah, Mus Huluselan, Syahril Muhammad dan Izak Y Latu.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena dalam sambutannya mengaku seminar nasional ini  menjadi wadah yang sangat penting dan berharga bagi seluruh stakeholder terkait, para pemikir, akademisi dan tokoh masyarakat untuk berbagi pengetahuan.

“Seminar ini merupakan kesempatan untuk menghormati dan merayakan kekayaan budaya sejarah dan spiritualitas yang ada di Maluku dan kita semua dapat belajar tentang nilai-nilai budaya yang unik dari daerah ini Maluku bukan hanya menjadi tempat yang unik tentang bagaimana Islam itu tumbuh dan berkembang, tetapi juga merupakan rumah bagi berbagai tradisi lokal, adat istiadat dan kepercayaan yang beragam di daerah," ungkapnya

Ia juga  mengajak semua pihak untuk memahami agama Islam beserta hubungannya dengan adat istiadat di Maluku dan juga dengan agama-agama lain.

"Hal ini penting karena kita terus berupaya untuk membangun kebersamaan di dalam sebuah keberagaman. Kita berharap dari seminar ini yang menghadirkan para akademisi yang kompeten akan memberikan pemahaman edukasi bagi seluruh peserta,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Alfatah, Hasbollah Toisuta mengatakan, seminar nasional merpakan salah satu rangkaian Festival Alfatah.

"Seminar inilah yang mengajak kita untuk mencoba mempercakapkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah sejarah dan budaya di Maluku serta bagaimana hubungan interelasi antara komunitas Islam dan Kristen  atau dengan komunitas-komunitas yang ada di Maluku,” kata nantan Rektor IAIN Ambon ini. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!