Sekilas Info

FK Unpatti Satu-satunya di Indonesia yang Miliki Kurikulum ‘Dokter Pulau’

AMBON, MalukuTerkini.com - Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura (FK Unpatti) memiliki dan menerapkan kurikulum yang spesifik dan berbeda dengan FK lainnya di Indonesia yaitu ‘Program Dokter Pulau’.

“Melalui program ini, lulusan FK Unpatti diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan berkualitas tinggi kepada masyarakat yang tinggal di pulau-pulau,” ungkap Dekan FK Unpatti, Bertha Jean Que dalam sambutannya saat Pengambilan Sumpah dan Pelantikan 14 Dokter Baru Angkatan XXX Periode Mei Tahun 2024 yang berlangsumg di auditorium FK Unpatti, Ambon, Selasa (14/5/2024).

Untuk itulah, katanya, FK Unpatti didirikan guna menajawab permasalahan kesehatan di Maluku.

“Para lulusan FK dibentuk untuk menjadi dokter pulau  sehingga dengan demikian, diharapkan kepada orang tua agar dengan ikhlas dapat  merelakan anak-anaknya untuk mengabdi pada pusat-pusat layanan kesehtan masyarakat di pulau-pulau yang ada di Provinsi Maluku,” katanya.

Ia juga berharap,  para dokter baru ketika di tempatkan pada  pusat layanan masyarakat dapat memberikan layanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat yang ada di pulau-pulau.

“Saat ini, Fakultas Kedokteran Unpatti telah meluluskan sebanyak 400 dokter, tinggal bagaimana semua dokter dapat dimanfaatkan untuk mengisi pusat-pusat pelayanan masyarakat yang masih kosong, hal ini perlu mendapat perhatian  bersama dari pemerintah Provinsi maupun Kabupaten/Kota untuk memberdayakan lulusan FK sehingga kedepannya seluruh masayrakat di provinsi Maluku dapat merasakan layanan kesehatan yang berkualitas dan  merata,” ungkapnya.

Pengambilan dan Pelantikan Sumpah Dokter dipandu oleh Dekan FK Unpatti Bertha Jean Que, disusul penandatangan Bukti Angkat Sumpah Dokter Indonesia dan Penandatanganan Bersedia di tempatkan di Provinsi Maluku.

Selanjutnya Wakil Rektor Unpatti Bidang Umum dan Keuangan Unpatti  Pieter Kakisina menyerahkan para dokter baru kepada organisasi profesi yaitu Ikatan Dokter Indonesia (IDI) yang diterima oleh perwakilan IDI Wilayah Maluku Is Iksan Hataul. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!