Sekilas Info

Liga Desa Nusantara 2019 Seri Kabupaten Malteng Mulai Digelar

Pelaksanaan LDN tahun 2019 ini, munurutnya, merupakan kelanjutan uji coba konsep kompetisi dengan format invitasi secara selektif.

AMBON - Kejuaraan sepak bola bertajuk Liga Desa Nusantara 2019 seri Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) mulai digelar, Sabtu (6/7/2019).

“Kompetisi ini masuk kategori sepak bola amatir yang oleh pesepak bola usia muda di bawah usia 19 tahun (U-19) dari desa-desa seluruh pelosok Indonesia. Hal itu menjadi ajang pembuktian para pesepak bola muda dari desa-desa untuk masuk nantinya menjadi pemain nasional,” ungkap Koordinator Provinsi (Korprov) Liga Desa Nusantara Provinsi Maluku, Hamid Anggio kepada malukuterkini.com, Minggu (7/7/2019).

Dikatakan, pelaksanaan Liga Desa Nusantara seri kabupaten di Provinsi Maluku mulai berlangsung di Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat, Seram Bagian Timur, Buru Selatan dan Maluku Barat Daya.

“Khusus di Kabupaten Malteng telah mulai berlangsung Sabtu (6/7/2019) di Desa Hila, Kecamatan Leihitu,” katanya.

Menurutnya, seri Kabupaten Malteng diikuti oleh 16 yang terbagi dalam empat grup. “Grup A dihuni oleh Desa Asilulu, Kaitetu, Hila dan Mamala. Grup B (Desa Tengah-tengah, Hitu, Seith dan Hatu), Grup C (Pelauw, Kailolo, Kabau dan Haruku) dan grup D (Desa Kulur, Siri-sori, Saparua dan Titawai). Pertandingan Grup A dan B berlangsung di Desa Hila, Kecamatan Leihitu sementara grup C di Desa Pelauw dan grup D di Saparua. Final seri Kabupaten Malteng akan berlangsung di Desa Tulehu Kecamatan Salahatu,” ungkapnya

Hamid menjelaskan tim yang sudah terjaring akan dijajal secara berjenjang dari seri kabupaten, provinsi, sampai menuju ke puncak seri nasional.

“Pemilihan kelompok usia U-19 mempertimbangkan sistem pembinaan sepak bola nasional disertai harapan agar produk Liga Desa Nusantara dapat ditampung oleh kompetisi Liga 1/Liga 2/Liga 3 dan berkontribusi untuk tim nasional maupun tim daerah masing-masing sesuai kelompok usianya,” kata jelasnya.

Pelaksanaan LDN tahun 2019 ini, munurutnya, merupakan kelanjutan uji coba konsep kompetisi dengan format invitasi secara selektif.

Sebelumnya, tahun 2017, dilaksanakan di 16 kabupaten di Provinsi Jawa Barat dan Banten dengan juara Desa Sukarame dari Tasikmalaya (Jawa Barat). Selanjutnya, 2018, digelar secara nasional di 12 provinsi di Tanah Air dijuarai Desa Rappang dari Sidrap (Sulawesi Selatan). Di tahun 2019, Liga Desa Nusantara akan dilaksanakan di 16 provinsi. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!