oleh

Gubernur Jawa Barat Siap Jadi ‘Papa Piara’ Untuk Pelajar & Mahasiswa Asal Maluku Utara

AMBON – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan peluang seluas-luasnya kepada putra dan putri Maluku Utara untuk menimba ilmu di Jabar, khususnya di Bandung.

Bukan hanya itu, dirinya juga bersedia menjadi ‘Papa piara’ (orang tua angkat) bagi pelajar dan mahasiswa asal Maluku Utara.

Hal itu disampaikannya usai penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemprov Jawa Barat dan Maluku Utara di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (9/7/2019). Nota kesepahaman itu ditandatangani Emil – sapaan akrab Ridwan Kamil – bersama Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba.

Emil juga mengaku sebelumnya dan sampai sekarang dirinya tetap menjadi ‘papa piara’ bagi pelajar dan mahasiswa asal Papua, sehingga dia berharap agar Gubernur Abdul Ghani Kasuba dapat mengirim putra dan putri Maluku Utara ke Bandung untuk belajar dan pihaknya siap memfasilitasi.

”Kami disini memiliki sumber daya manusia (SDM) yang cukup baik, kita juga memiliki ratusan perguruan tinggi, sehingga dengan senang hati kalau bapak Gubernur Maluku Utara mau kirim, pelajar dan mahasiswanya kesini. Contohnya, saya selama ini sudah komitmen dengan masyarakat adat di Papua, bahwa saya menjadi Bapak asuhnya pelajar dan mahasiswa asal Papua di Jawa Barat ini, termasuk masalah yang mereka hadapi seperti urusan kos-kosan ketika ada masalah mereka tetap laporkan ke saya juga,” ungkapnya.

Emil  menjelaskan saat ini di Bandung ada salah seorang pangeran dari Maluku Utara yang sementara menimba ilmu.

”Kalau tidak salah itu ada salah satu pangeran, yaitu pangeran Bacan itu sekolah di Bandung, tepatnya di SMAN 3 Bandung,” jelasnya. (MT-06)

Komentar

News Feed