Sekilas Info

4 Hari Pencarian Penumpang KM Tidar, Diduga Posisi Korban Bergeser dari Lokasi Jatuh

TIM SAR - Kantor SAR Ambon mengerahkan tim untuk melakukan pencarian La Ode Arham, penumpang KM Tidar yang jatuh ke laut dan belum ditemukan hingga saat ini.

AMBON - Empat hari operasi pencarian terhadap La Ode Arham, penumpang KM Tidar dari Pelabuhan Namlea Kabupaten Buru menuju Ambon yang jatuh ke laut belum juga berhasil.

Tim SAR gabungan yang terdiri dari personel Kantor SAR Ambon, Ditpolair Polda Maluku, KPLP, KSOP, masyarakat dan keluarga korban yang melakukan pencarian menggunakan armada KN SAR 235 Abimanyu milik Basarnas dan, Kapal KP 2002 Kasawari milik Ditpolair Polda Maluku, sejak Jumat (19/7/2019) pagi hingga sore pukul 17.00 WIT tak membuahkan hasil.

Posisi korban diduga sudah bergeser dari lokasi jatuh di perairan Pulau Tiga Kecamatan leihitu Kabupaten Maluku Tengah.

Korban yang adalah Kepala Stasiun Radio Pantai Namlea - Distrik Navigasi Kelas I Ambon diduga sudah terbawa arus sehingga belum ditemukan.

“Hasil pencarian hari ke empat ini sejak pagi sampai sore masih nihil. Belum ada tanda-tanda. Pencarian masih akan dilanjutkan lagi sampai tujuh hari. Kita sudah informasikan ke seluruh nelayan-nelayan pesisir dan juga koordinasi dengan pihak di Namlea,” jelas Kepala Kantor SAR Ambon, Muslimin melalui telepon selulernya, Jumat (19/7/2019).

Menurutnya, sesuai dengan ketentuan maka pencarian tetap akan terus dilakukan, dengan harapan korban bisa segera ditemukan.

“Kita masih cari. Sabtu (20/7/2019) besok masih tetap akan dilanjutkan dengan harapan korban bisa segera ditemukan,” ungkapnya.

Arham sebelumnya hilang dan belum ditemukan di laut sekitar Pulau Tiga, Kecamatan Leihitu Kabupaten Maluku Tengah. Arham sehari-harinya menjabat Kepala Stasiun Radio Pantai Namlea – Distrik Navigasi Kelas I Ambon.

Arham awalnya hendak menolong La Amuli, penumpang KM Tidar lainnya yang diduga stres  dan melompat ke laut, Senin (15/7/2019) sekitar pukul 16.40 WIT. Namun keduanya akhirnya jatuh kelaut saat kapal tersebut dalam pelayaran dari Pelabuhan Namlea – Kabupaten Buru menuju Pelabuhan Ambon.

Nahkoda KM Tidar sempat berputar beberapa kali di lokasi kejadian untuk mencari kedua korban. Namun hanyalah La Amuli yang ditemukan dalam kondisi sudah tewas, sementara Arham tidak ditemukan. Akibat tak ditemukan, akhirnya KM Tidar melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Ambon. (MT-04)

 

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!