Sekilas Info

Hadiri Jambore Dunia, Gubernur Gaet 30 Investor AS ke Maluku

WASHINGTON DC - Hadir sebagai visitor di Jambore Pramuka Dunia ke-24 tahun 2019 atau The Summit Bechtel Family National Scout Reserve 2019 yang dipusatkan di Charleston, West Virginia, Amerika Serikat (AS), Gubernur Maluku Murad Ismail, lantas tidak menyia-nyiakan kehadirannya di negeri Paman Sam itu.

Sedikitnya, ada 30 investor asal AS yang sudah menyampaikan ketertarikannya untuk berinvestasi di Maluku. Duta Besar (Dubes) RI untuk AS, Mahendra Siregar, pun siap membantu memfasilitasinya.

"Mudah-mudahan kehadiran saya di AS atas undangan menjadi Visitor di Jambore Dunia, juga bisa membuka peluang investasi di Maluku. Sedikitnya, ada 30 investor AS yang sudah tertarik berinvestasi di Maluku," kata Gubernur, Kamis (1/8/2019) waktu Indonesia.

Setelah bertemu dan dijamu oleh Konjen RI di Chicago, dilanjutkan pertemuan dengan Duta Besar RI untuk AS di Washington DC, rencananya hari Jumat (2/8/2019) besok, Gubernur akan bertemu sejumlah investor yang difasilitasi oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Business Council for International Undestanding (BCIU) di New York.

BCIU adalah organisasi yang dibentuk oleh Presiden AS, Dwight Eisenhower, tahun 1955, untuk mendukung perdagangan international.

"Sejumlah investor asal AS tertarik untuk bertemu. BCIU dan BKPM akan membantu memfasilitasinya. Pertemuan ini sekaligus mendengar bidang-bidang apa saja yang akan diminati," kata Gubernur.

Diakuinya, kekayaan alam Maluku baik sektor kelautan dan perikanan, sektor kehutanan, sektor energi dan sumberdaya alam mineral, hingga sektor pariwisata, menjadi daya tarik tersendiri.

"Saya berharap, hasil dari kunjungan ke AS ini juga bisa membawa investor ke Maluku. Dubes RI Pak Mahendra Siregar sangat antusias, dan beliau siap memfasilitasi pembangunan Maluku. Di depan Pak Dubes saya juga menyampaikan siap memfasilitasi kepentingan investor," ungkapnya.

Selain Gubernur Maluku Murad Ismail, juga hadir Gubernur Jambi dan Gubernur Papua Barat sebagai visitor di Jambore Pramuka Dunia ke-24 tahun 2019 atau The Summit Bechtel Family National Scout Reserve 2019 yang dipusatkan di Charleston, West Virginia.

Jambore Dunia tersebut diselenggarakan pada 22 Juli sampai 2 Agustus 2019. Bukan berarti, seluruh kegiatan jambore yang digelar setiap empat tahunan tersebut wajib dihadiri oleh visitor.

Menghadiri kegiatan Jambore Dunia itu, Gubernur didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Maluku Semmy Huwae.

Berkesempatan hadir di AS, selain memenuhi undangan Jambore Dunia sekaligus menjejaki peluang berbisnis bagi pengusaha setempat, Gubernur juga menyempatkan diri menjumpai dan berdialog dengan warga diaspora Maluku di Washington DC, serta warga Maluku di Rockville, kota yang terletak di distrik Montgomery County, Maryland, AS. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!