Sekilas Info

HUT Pramuka di Ambon, Ini Pesan Ketua Kwarnas Budi Waseso

UPACARA HUT PRAMUKA – Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler menjadi inspektur upacara saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Gerakan Pramuka yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Louheru, Desa Tawiri, Ambon, Maluku, Rabu (14/8/2019).

AMBON - Anggota Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ambon memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Gerakan Pramuka yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Louheru, Desa Tawiri, Ambon, Maluku, Rabu (14/8/2019).

Ribuan anggota Pramuka mulai dari jenjang Siaga, Penggalang dan Penegak/Pandega, para Pembina serta pengurus Kwarcab Ambon menghadiri upacara peringatan yang berlangsung dibawah sorotan tema "Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".

Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler berpesan agar segenap anggota Pramuka untuk setiap saat melakukan aksi nyata “perang terhadap sampah plastik”.

“Saya minta sejak saat ini juga dalam kegiatan-kegiatan Pramuka, mulai dan Kwartir Nasional sampai dengan Gugus Depan, bahkan kegiatan-kegiatan pribadi anggota Pramuka kapanpun dan dimanapun berada, marilah kita menolak (refuse) penggunaan barang-barang yang berbahaya bagi lingkungan, bertekad semaksimal mungkin memanfaatkan produk yang dapat digunakan lagi (reuse) dan menghindari produksi sampah yang berbahaya bagi lingkungan karena penggunaaan produk plastic sekali pakai (reduce), serta secara terus menerus mengupayakan daur ulang (recycle) terhadap produksi sampah yang tidak dapat dihindari, khususnya dengan berupaya menjadikannya sebagai kompos yang bermanfaaat,” tandasnya.

Menurutnya, pembaruan kerjasama Kwartir Nasional dengan World Wide Fund (WWF) yang ditandatangani 17 Juni 2017 dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang ditandatangani 17 Juli 2017, dapat melandasi upaya tersebut menjadi sangat strategis.

UPACARA HUT PRAMUKA - Sejumlah anggota Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Ambon mengikuti upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-58 Pramuka di Bumi Perkemahan Louheru, Desa Tawiri, Ambon, Maluku, Rabu (14/8/2019). Tema peringatan HUT ke-58 Pramuka adalah "Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".

“Pengejawantahan kecintaaan pada alam demi menumbuhkan sikap kasih sayang kepada diri sendin dan generasi penerus merupakan wujud lain kesiapan dan kesediaan anggota Pramuka membangun keutuhan NKRI,” ungkapnya.

Dikatakan, kegagalan umat manusia memelihara kelestarian lingkungannya, sama artinya undangan terbuka bagi timbulnya berbagai bencana, seperti: banjir, longsor, kebakaran hutan dan lahan.

“Oleh karena itu, memberikan respons yang tepat terhadap bencana menjadi kewajiban dan tanggung jawab setiap orang, termasuk anggota Pramuka Karenanya Gerakan Pramuka tidak dapat dan tidak boleh berpangku tangan setiap kali terjadi bencana, tetapi mengambil peran aktif bersama instasi terkait melakukan tindakan pertolongan pertama yang diperlukan (first aid),” katanya.

Ia juga mengharapkan setiap anggota Pramuka diharapkan menjadi kesatria yang sadar bencana, yang rela menolong dan rela berkorban bagi sesama, serta tabah ketika menghadapi bencana. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!