oleh

Lantamal Ambon Peringati HUT ke-74 RI

AMBON – Jajaran Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia yang dipusatkan di lapangan Apel Mako Lantamal IX, Sabtu (17/8/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara Wakil Komandan Lantamal IX Kolonel Marinir Supriyono sedangkan Komandan Upacara Mayor Laut (KH) Tabang Yoseph D Paulin.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dalam amanatnya yang dibacakan Wadanlantamal mengatakan selama 74 tahun sudah menunjukkan diri sebagai bangsa yang tangguh menghadapi berbagai tantangan bangsa yang kokoh dalam bingkai persatuan NKRI yang Berbhineka Tunggal Ika dan bangsa yang ingin terus maju serta berprestasi menggapai tujuan di tengah perubahan dan persaingan global yang kian menajam.

“Dinamika lingkungan strategis global diwarnai kompetisi dan perebutan pengaruh negara-negara besar yang telah menempatkan Indonesia pada pusat kepentingan global. Jika tidak siap dan waspada, maka Indonesia dapat saja tergilas dalam kompetisi global yang tidak mengenal waktu dan batas berbaurnya ancaman militer dan non militer sehingga mendorong terciptanya dilema geopolitik dan geostrategis global yang sulit diprediksi dan diantisipasi. Oleh sebab itu TNI Angkatan Laut berani berbenah diri dan berubah menjadi lebih baik menuju angkatan laut yang profesional dan modern serta mendukung cita-cita bangsa untuk menjadi kekuatan maritim yang berpengaruh di kawasan,” katanya.

Selain itu,  menurutnya, tahun ini pemerintah telah menetapkan tema peringatan hari ulang tahun ke 74 Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu “SDM, Unggul, Indonesia Maju”.

“Tema ini menjadi pondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang matra laut yang adalah komponen utama pertahanan dan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam undang-undang negara Republik Indonesia tahun 1945,” ungkapnya. (MT-03)

Komentar

News Feed