oleh

Kepala Deputi Meteorologi Tinjau Kesiapan Fasilitas Stasiun BMKG di Maluku

AMBON – Kepala Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), R Mulyono Rahadi Prabowo meninjau kesiapan fasilitas sejumlah stasiun BMKG di Provinsi Maluku.

Satuan kerja yang dikunjungi diantaranya Stasiun Klimatologi Seram Bagian Barat, Stasiun Meteorologi Amahai, Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Stasiun Geofisika Ambon dan Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon.

Saat meninjau Stasiun Meteorologi Maritim Ambon yang terletak di Desa Latuhalat, Ambon, Selasa (17/9/2019), Prabowo mengecek kesiapan peralatan pemantauan maupaun sarana dan prasarana pendukung.

TINJAU FASILITAS STASIUN BMKG – Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo  meninjau fasilitas Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Maluku, Selasa (17/9/2019).

Pengecekan dilakukan secara detail didampingi Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Azhar. Beberapa kali, Prabowo bertanya kesiapan fungsi peralatan yang ada kepada Azhar maupun staf Stasiun Meteorologi Maritim Ambon. Tak hanya peralatan pemantauan, ia juga mengecek bangunan kantor yang terletak di tepi pantai.

Pengecekan yang sama juga ia lakukan saat meninjau Stasiun Geofisika Ambon yang terletak di kawasan Karang Panjang – Ambon. Ia pun terlihat bertanya kepada Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi maupun staf lainnya terkait perkembangan gempa terkini sebagaimana yang terpantau pada sejumlah layar monitor yang ada di kantor tersebut.

TINJAU FASILITAS STASIUN BMKG – Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo meninjau fasilitas Stasiun Meteorologi Maritim Ambon, Maluku, Selasa (17/9/2019).

Kepada malukuterkini.com, disela-sela meninjau fasilitas yang terdapat di Stasiun Geofisika Ambon, Prabowo mengatakan kunjungan yang dilakukan dirinya bersama Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Darmawan dalam rangka melaksanakan koordinasi dari pusat ke daerah.

“Kami harapkan dengan kunjungan ini koordinasi antara pusat dan daerah semakin kuat dalam rangka memberikan layanan informasi kepada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, layanan kepada masyarakat tidak mengenal batas-batas bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika, sehingga dengan berkunjung ke stasiun-stasiun BMKG maka akan terjalin kebersamaan antar unit teknis BMKG.

TINJAU FASILITAS STASIUN BMKG – Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo (kanan) meninjau fasilitas Stasiun Geofisika Ambon, Maluku, Selasa (17/9/2019).

“Dengan adanya peningkatan kerjasama tersebut diharapkan masing-masing stasiun akan meningkatkan sharing pengalaman sehingga ketika masyarakat memberlukan informasi yang tidak tersedia pada satu stasiun misalnya maka rekan-rekannya di stasiun yang lain akan membantu,” ungkap Prabowo.

Ia juga menjelaskan, kedepan Stasiun Geofisika akan mendapat tambahan 8 titik jaringan pengamatan diantaranya di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

TINJAU FASILITAS STASIUN BMKG – Kepala Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R Mulyono Rahadi Prabowo (kedua dari kanan) meninjau fasilitas Stasiun Geofisika Ambon, Maluku, Selasa (17/9/2019).

“Adanya penambahan titik jaringan pengamatan ini maka keakuratan dan sensitivitas pemantauan gempa bumi akan meningkat, apalagi Provinsi Maluku memiliki karakteristik daerah yang rawan genpa, sehingga butuh data yang akurat untuk disampaikan ke masyaraat,” jelasnya..

Dalam kunjungan ke stasiun-stasiun BMKG di Provinsi Maluku, Prabowo didampingi Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar Darmawan, Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon Ot Oral Sem Wilar, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Azhar dan Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi serta Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Ambon Andi Azhar Rusdin. (MT-01)

Komentar

News Feed