oleh

Pasca Gempa Ambon, Menhub: Seluruh Fasilitas Pelabuhan & Bandara Aman

-Bencana-975 views

AMBON – Selain Kepala BNPB,  ternyata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga datang ke Ambon guna meninjau kerusakan infrastruktur pasca gempa bumi yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya.

Menhub tiba di Ambon, Jumat (27/9/2019) sekembalinya melaksanakan tugas dinas di Jayapura, Provinsi Papua.

Ia pun memastikan seluruh fasilitas pelabuhan di Pulau Ambon dan Pulau Seram dalam kondisi aman meski sempat dihantam gempa berkekuatan 6,8 SR pada sehari sebelumnya.

“Pelabuhan saya sudah tugaskan Dirjen lihat seluruh pelabuhan. Tidak ada kerusakan yang berarti. Hanya ada satu di pelabuhan penyebarangan, namun itu tidak signifikan kerusakannya,” jelas Menhub kepada wartawan disela-sela kunjugannya tersebut.

Selain fasilitas pelabuhan, ia juga memastikan fasilitas bandara dalam kondisi aman. “Jadi fasilitas pelabuhan maupun bandara tidak ada yang rusak tetapi tetap utuh sebagaimana mestinya,”tandasnya.

Menhub juga mengatakan kedatangannya ke Ambon karena situasi emergency yang melanda Maluku.

“Menteri PUPR minta saya untuk koordinasi dan kita dengar gedung rektorat Unpatti ini mengalami kerusakan makanya kita datang. Setelah kita lihat, kerusakannya tidak signifikan, strukturnya masih bagus, tadi kami lapor bahwa Menteri PUPR kirim tim hari ini dari Jakarta dan besok akan mulai bekerja,” katanya.

Dijelaskan, tim tersebut yang nantinya menetapkan status satu gedung itu apakah layak digunakan ataukah tidak. “Jika statusnya layak, maka akan dibersihkan dan digunakan sambil renovasi. Jika tidak, maka harus ditinggalkan. Tadi saya sudah telepon, harapan kita gedung ini bisa eksis,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan Jembatan Merah Putih (JMP) tidak mengalami kerusakan akibat gempa tersebut.

Dijelaskan setiap sambungan jembatan memang ada jaraknya dan tidak boleh disambung. “Aspal itu berada diatasnya saja, jadi tidak ada masalah,” jelasnya.

Setibanya di Ambon, Menhub bersama Gubernur Maluku Murad Ismail dan Rektor Unpatti Ambon MJ Sapteno berkesempatan meninjau kerusakan yang terjadi pada gedung Rektorat Unpatti. Menhub terlihat meninjau sejumlah ruangan yang mengalami kerusakan. (MT-03)

Komentar

News Feed