oleh

Kualifikasi Piala Eropa 2020: Prancis Ditahan Imbang Turki 1-1

-Olahraga-176 views

PARIS – Prancis ditahan 1-1 oleh Turki pada laga Grup H Kualifikasi Piala Eropa 2020. Hasil ini membuat kedua negara bersaing sengit untuk memperebutkan posisi teratas.

Berlaga di Stade de France, Paris, Prancis, Senin (14/10/2019) waktu setempat atau Selasa (15/10/2019) dini hari WIT, Prancis memegang kendali serangan sejak menit awal. Ini terlihat dari statistik penguasaan bola mereka sebesar 65 persen.

Tim Ayam Jantan juga dominan dalam urusan melepas tembakan dengan total membuat 18 percobaan. Sementara Turki hanya membuat lima usaha tembakan.

Pasukan Senol Gunes memilih untuk tampil menunggu untuk meredam agresivitas tuan rumah. Taktik ini ampuh di 15 menit awal dengan Les Bleus kesulitan menembus lini pertahanan Turki.

Ancaman berbahaya baru mereka hadirkan pada menit ke-17. Umpan backheel Kingsley Coman membuka ruang bagi Antoine Griezmann hingga kotak penalti Turki.

Upaya Griezmann ini dengan cepat ditutup oleh Fehmi Mert Gunok yang keluar dari sarangnya. Tekanan Prancis belum berhenti setelah bola liar mendarat di kaki Moussa Sissoko.

Ia yang berdiri di depan gawang langsung melepas sepakan keras. Gunok dengan cekatan kembali ke posisi dan sambil terbang menepis bola.

Coman yang sering beroperasi di sisi kiri banyak menjadi tumpuan serangan Prancis di laga ini. Di menit ke-21, ia melewati satu pemain Turki sebelum melepas umpan silang yang mampu disundul Griezmann.

Namun sundulan pemain Barcelona ini masih dalam jangkauan dari Gunok. Empat menit berselang, Coman kembali beraksi.

Umpannya mengarah ke Griezmman yang membuat gerak tipu dengan dummy run. Laju si kulit bundar kemudian menuju ke Sissoko yang tak terkawal.

Tembakan mendatar Sissoko terlalu lemah sehingga dengan mudah diamankan Gunok. Kegemilangan kiper 30 tahun ini membuat skor tetap 0-0 hingga babak pertama tuntas.

Turki yang sepanjang laga lebih banyak tertekan membuang peluang emas untuk unggul di menit ke-59. Menerima umpan panjang dari lini tengah, Hakan Calhanoglu melanjutkan bola kepada Burak Yilmaz dengan satu sentuhan.

Kapten Turki tersebut tak terkawal oleh lini belakang Prancis. Namun tembakannya melambung dari gawang Steve Mandanda.

Kebuntuan dalam laga ini akhirnya pecah pada menit ke-75. Berawal dari sepak pojok Griezmann. Bola mampu ditanduk Olivier Giroud untuk memperdayai Gunok.

Tertinggal 1-0, Turrki tak butuh waktu lama untuk menyamakan. Kaan Ayhan berhasil membobol gawang Prancis lewat sundulan di menit ke-81. Ia memanfaatkan umpan dari tendangan bebas Calhanoglu.

Skor 1-1 tak berubah hingga laga berakhir. Hasil ini membuat kedua tim masih bersaing sengit di posisi teratas Grup H.

Turki memuncaki klasemen dengan raihan 19 angka. Mereka unggul head to head dari Prancis karena pada laga pertama mampu menang 3-0 dari pasukan Didier Deschamps.

Susunan Pemain

PRANCIS: Steve Mandanda; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Clement Lenglet, Lucas Hernandez; Corentin Tolisso, Moussa Sissoko; Kingsley Coman (Jonathan Ikone 87′), Antoine Griezmann, Blaise Matuidi (Tgomas Lemas 77′); Wissam Ben Yedder (Olivier Giroud 72′).

TURKI: Fehmi Mert Gunok; Mehmet Zeki Celik (Kaan Ayhan 53′), Caglar Soyuncu, Merih Demiral, Umut Meras; Ozan Tufan (Cenk Tosin 81′), Mahmut Tekdemir, Okay Yokuslu (Hakan Calhanoglu 46′); Irfan Can Kahveci, Burak Yilmaz, Kenan Karaman. (MT-06)

Komentar

News Feed