oleh

Jungkalkan Portugal, Ukraina Lolos Duluan ke Piala Eropa 2020

-Olahraga-156 views

KIEV – Timnas Ukraina tampil luar biasa di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Mereka lolos duluan ke putaran final dengan menjungkalkan juara bertahan Portugal.

Ukraina tampil impresif sejak awal kualifikasi. Usai mengimbangi Portugal tanpa gol di kandang lawan Maret lalu, Ukraina tancap gas dengan menyapu bersih lima laga selanjutnya.

Mereka bahkan cuma kebobolan satu gol dan mencetak 13 gol. Alhasil, Ukraina berhasil membuat jarak yang begitu lebar yakni lima poin atas Portugal, sebelum keduanya bertemu di Olympiyskiy Stadium, Kiev, Ukraina, Senin (14/10/2019) waktu setempat atau Selasa (15/10/2019) dini hari WIT.

Ukraina akhirnya memenangi duel tersebut dengan skor 2-1. Setelah unggul dua gol lebih dulu di babak pertama lewat Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko, Ukraina kebobolan gol penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-72.

Untungnya kemenangan berhasil dipertahankan dan Ukraina pun menambah torehan poinnya menjadi 19 dari tujuh laga. Dengan hanya menyisakan satu laga, Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final.

Sebab Ukraina unggul delapan angka dari Portugal di posisi kedua dan sembilan angka dari Serbia di posisi ketiga. Dengan dua laga tersisa, Ukraina tak lagi terkejar dan Portugal serta Serbia akan berebut satu tiket tersisa.

Bagi Ukraina, ini adalah prestasi apik setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Apalagi Ukraina tidak diunggulkan sebelumnya karena segrup dengan Portugal sebagai juara bertahan serta Serbia yang punya generasi emas. Bagi Ukraina, ini adalah penampilan ketiga beruntun di kompetisi ini setelah 2012 dan 2016.

Anak asuh Andriy Shevchenko itu banyak ditopang pemain yang membawa Ukraina juara Piala Dunia U-20 musim panas kemarin. Ukraina menyusul Belgia, Italia, Rusia, dan Polandia yang sudah lebih dulu lolos ke putaran final.

Susunan pemain:

 UKRAINA: Andriy Pyatov; Oleksandr Karavaev, Sergey Krivstov, Mykola Matvyenko, Vitali Mykolenko (Igor Plastun 94′); Taras Stepaneko, Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko, Ruslan Malinovskiy, Marlos Bonfim (Yevhen Konoplyanka 63′); Roman Yaremchuk (Viktor Kovalenko 73′).

PORTUGAL: Rui Patricio; Nelson Semedo, Ruben Dias, Pepe, Raphael Guerreiro; Joao Moutinho (Bruno Fernandes 56′), Danilo Pereira, Joao Mario (Bruma 68′); Bernardo Silva, Cristiano Ronaldo, Goncalo Guedes (Joao Felix 46′). (MT-06)

Komentar

News Feed