oleh

Kapolda Maluku Kukuhkan Polres Ambon Jadi Polresta

-Keamanan-538 views

AMBON – Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease resmi dikukuhkan menjadi Kepolisian Resort Kota (Polresta).

Dengan dikukuhkannya Polres menjadi Polresta maka jabatan Kapolresta akan dijabat oleh perwira menengah berpangkar Komisaris Besar (Kombes) Polisi.

Pengukuhan kenaikan status tersebut digelar dalam upacara yang berlangsung di Mapolresta Ambon yang dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa, Senin (18/11/2019).

Pengukuhan ditandai pembukaan selubung papan nama Polresta yang bermarkas di Kawasan Perigilima, Jalan Dokter J Latumeten, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon.

PENGUKUHAN POLRESTA – Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa membuka selubung papan nama saat mengukukuhkan kenaikan status Polres Ambon menjadi Polresta di Mapolresta Ambon, Senin (18/11/2019).

Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa mengatakan naik tipe polres maka Pelayanan kepada masyarakat juga harus ditingkatkan.

“Dengan naiknya tipe Polres menjadi Polresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease ini, maka kita harus naik dalam segala hal. Tingkat pelayanan, serta keamanan dan ketertiban masyarakat juga harus naik tipe. Semangat pelayanan berbakti kepada nusa dan bangsa juga harus naik tipe. Tipe bukan hanya nama kantor, tapi semangat pelayanan setiap anggota kepada masyarakat juga wajib dinaikan. Pelayalanan SIM dan STNK harus senyum lebar. Sapa masyarakat, gimana ibu, bapak, silahkan duduk, minum dulu es,” katanya.

Sejalan dengan kenaikan tipe, menurutnya, ada sejumlah peningkatan yang disesuaikan dengan peningkatan status menjadi Polresta. Salah satunya peningkatan yang di maksud yakni Sumber Daya Manusia (SDM) dan juga infrastruktur.

PENGUKUHAN POLRESTA – Kapolda Maluku, Irjen Pol Royke Lumowa menyalami Kapolresta Ambon AKBP Sutrisno Hady Santoso saat upacara pengukuhan kenaikan status di Mapolresta Ambon, Senin (18/11/2019).

“Untuk peningkatan SDM, akan ada penambahan personil yang disesuaikan dengan tipe baru, paling tidak 20 persen. Untuk tipe Polresta idealnya jumlah personil 1.600 sementara jumlah personil sekarang belum capai jumlah itu, untuk itu setiap tahun rekruitmen anggota akan kita perioritaskan untuk penempatan di Polresta,” ungkapnya.

Tak hanya dari segi peningkatan jumlah personil, mantan Kakor Lantas ini mengungkapkan, kemampuan melayani menjaga memelihara kamtibmas juga harus di tingkatkan.

“Jangan hanya pangkat saja yang meningkat, pimpinan pangkatnya menjadi Kombes dan lain lain, tapi kemampuan melayani menjadi prioritas yang harus ditingkatkan sejalan dengan program perioritas Kapolri  yakni mewujudkan SDM yang unggul,” ungkapnya.  (MT-04)

Komentar

News Feed