Sekilas Info

Kepala BMKG Tinjau Shelter Pemantau Gempa Bumi di Ambon

AMBON - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, (BMKG) Dwikorita Karnawati meninjau kesiapan shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, Ambon, Maluku, Selasa (10/12/2019).

Kunjungan ke shelter tersebut, merupakan agenda pertama kunjungan Dwikorita setelah tiba di Bandara Pattimura Ambon.

Mantan Rektor Universitas Gadjah Mada tersebut didampingi Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono langsung meninjau perangkat-perangkat yang sudah terpasang pada shelter dimaksud. Kunjungan tersebut untuk memastikan bangunan sesuai dengan standar gedung sensor gempa bumi.

Shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, merupakan salah satu diantara 8 shelter yang dibangun di Provinsi Maluku pada tahun 2019. Tujuh shelter yang lain terletak di Namrole (Kabupaten Buru Selatan), Kecamatan Siritaun Wida Timur (Kabupaten Seram Bagian Timur), Langgur (Kabupaten Maluku Tenggara), Kecamatan Kormomolin (Kabupaten Kepulauan Tanimbar), Dobo (Kabupaten Kepulauan Aru) serta Desa Olong dan Kobi Seram Utara (Kabupaten Maluku Tengah).

Namun diantara kedelapan shelter tersebut, yang sudah beroperasi baru Shelter pemantauan gempa bumi yang terletak di Desa Tawiri, sementara 3 shelter yang terletak di Pulau Seram masih dilakukan instalasi seismograf.

Dwikorita saat memberikan pengarahan di depan sejumlah stafnya berharap seluruh shelter di Provinsi Maluku dapat segera dirampungkan pembangunannya.

“Pembangunan shelter dan jaringan seismograf ini diperlukan untuk merapatkan jaringan guna meningkatkan performa kecepatan dan keakuratan informasi dan peringatan dini tsunami di BMKG,” ungkapnya.

Hadir pula dalam kunjungan tersebut, Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wil. IV – Makassar Dharmawan, Kepala Stasiun Geofisika Ambon Sunardi,  Kepala Stasiun Meteorologi Pattimura Ambon Ot Oral Sem Wilar, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Azhar dan Kepala Stasiun Klimatologi Seram Bagian Barat Bernadus Daniel serta Kepala Seksi Data dan Informasi Stasiun Geofisika Ambon Andi Azhar Rusdin. (MT-01)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!