oleh

Bantu Cari KLM Panji Saputra, TNI AU Kerahkan Pesawat

-Daerah-219 views

AMBON – TNI Angkatan Udara mengerahkan satu pesawat guna membantu proses pencarian Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra yang hilang kontak di perairan Maluku.

Pesawat CN 235 seri 200 dengan nomor register A-2307 dikerahkan oleh Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III dari Skadron Udara 27.

Hal ini diungkapkan oleh Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara (Danlanud) Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan kepada wartawan di Bandara Pattimura – Ambon, Senin (20/1/2020).

Menurutnya, pesawat yang membawa 13 crew tersebut sudah take off dari Markas Komando Koopsau III di Biak – Papua, Senin (20/1/2020) ,pukul 06.22 WIT selanjutnya menuju Dobo – Kabupaten Kepulauan Aru, Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan akan balik ke Bandara Pattimura Ambon sambil melakukan pencarian.

Komandan Lanud Pattimura, Kolonel Pnb Sapuan

“Kita dari TNI AU ikut melakukan pencarian dengan mengerahkan satu pesawat CN 235 seri 200 buatan PTDI dengan nomor register A-2307 dari Koopsau III. Berangkat tadi pagi pukul 06.22 WIT dari Biak menuju Dobo-Saumlaki lanjut ke Ambon,”tandasnya.

Sebagaimana diketahui, KLM Panji Saputra, hilang kontak dalam perjalanan dari Kota Ambon menuju Saumlaki – Kabupaten Kepulauan Tanimbar dan Moa – Kabupaten Maluku Barat Daya.  Kapal berangkat dari Ambon sejak 7 Januari 2020 dan sesuai estimasinya harusnya tiba di Saumlaki pada 11 Januari 2020. Namun hingga kini tak pernah tiba di pelabuhan tujuan dan juga hilang kontak.

Kapal yang memiliki panjang 10 meter dan lebar 2 meter serta berwarna hijau mengangkut 6 orang yang terdiri dari 4 ABK dan 2 personel Perbekalan dan Angkutan (Bekang) Kodam XVI Pattimura.

Tiga ABK diketahui bernama La Mufik, La Jau dan Ongki sementara satu lainnya belum kami peroleh namanya. Dua personel Bekang Kodam XVI Pattimura itu bernama Serda Aswadin Ali dan Pratu Midun. (MT-04)

Komentar

News Feed