oleh

Kasad Setujui Benteng Victoria Direvitalisasi Pemkot Ambon, Makodam Pattimura Direlokasi

-Pemerintahan-1.060 views

AMBON – Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal  TNI Andika Perkasa telah menyetujui Benteng Victoria untuk direvitalisasi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan merelokasi kompleks Makodam XVI Pattimura.

Persetujuan Kasad tersebut diungkapkan Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Rabu (22/1/2020).

“Saat pertemuan dengan Kasad, saya telah memaparkan rencana revitalisasi Benteng Victoria dan juga relokasi kompleks Makodam XVI Pattimura. Kasad saat pertemuan tersebut langsung menyatakan persetujuan dan meminta untuk segera dilaksanakan dan tidak macam-macam lagi. Untuk itu saya juga berharap dalam waktu dekat ini bisa direalisir,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, atas persetujuan Kasad itu, Pemkot Ambon pu mulai bergerak. “Pergerakan yang pertama dilakukan dengan bertemu Bappenas. Mereka memberikan apresiasi yang luar biasa. Namun terdapat masalah karena relokasi pembebasan lahan ini belum masuk dalam RPJMN untuk 2020-2024. Kita terlambat karena RPJMN telah disetujuan beberapa hari lalu. Tetapi dari hasil pendekatan maka tidak tertutup ruang karena bisa saja dalam RKP 2019. Jadi Bappenas juga memberikan ruang untuk itu,” jelasnya.

Selain dengan Bappenas, Wali Kota mengatakan, pihaknya juga akan bertemu dengan Kementerian Pertahanan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Pariwisata, Pimpinan DPR RI, Komisi I DPR RI dan Panitia Anggaran.

Menyangkut lokasi relokasi kompleks Makodam XVI Pattimura, Wali Kota mengaku ada dua lokasi di Kecamatan Teluk Ambon yang akan jadi pilihan.

Terkait rencana revitalisasi Benteng Victoria, Wali Kota mengatakan tempat tersebut akan dikembangkan menjadi pusat kebudayaaa.

“Tempat itu sudah menjadi ikon Ambon sebagai City Of Music. Dengan adanya Benteng Victoria maka kita akan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Ambon bersama sejumlah pimpinan OPD telah menemui Kasad di Markas Besar (Mabes) TNI Angkatan Darat, Jakarta, Selasa (21/1/2020), terkait revitalisasi Benteng Victoria dan relokasi Makodam XVI Pattimura. (MT-05)

Komentar

News Feed