Sekilas Info

Lantamal Ambon Latih Mahasiswa STIKES Maluku Husada Evakuasi Medis Laut

AMBON – Personel Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) IX Ambon memberikan pelatihan Evakuasi Medis Laut mahasiswa Prgram Studi S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Maluku Husada, Sabtu  (01/02/2020).

Komandan Lantamal IX Laksma TNI Budi Purwanto melalui Kepala Rumah Sakit Angkatan Laut (Karumkital) FX Suhardjo Lantamal IX, Mayor Laut (K) Satrio Sugiharto menjelaskan kegiatan pelatihan evakuasi ini merupakan salah satu bagian konsekuensi sebagai daerah maritim mengingat kondisi geografis Maluku 92,4 persen wilayahnya merupakan laut, sehingga bermanfaat jika terjadi musibah di laut.

“Wilayah maritim yang paling luas adalah Maluku, oleh karena itu masalah kelautan menjadi lebih dominan berbeda dengan daerah lain,” jelasnya.

Dikatakan, mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 265 orang, yang nantinya akan dibekali pelajaran praktek dan teori Evakuasi Medis Laut, latihan menaikan korban dari laut ke perahu karet, pengoperasian motor tempel, teknik Uitemate (mengapung dan menunggu) serta pelatihan selam dasar.

"Tidak mudah dalam melaksanakan Evakuasi Medis Laut, perhatikan dan laksanakan sesuai arahan pelatih, agar ilmu terserap dengan baik, sehingga bermanfaat dikemudian hari," katanya.

Sebelumya mahasiswa dikenalkan Chamber Hyperbaric atau peralatan terapi yang merupakan tindak lanjut Evakuasi Medis Laut untuk mendapatkan pengobatan dan kesehatan dengan menggabungkan oksigen murni dan tekanan udara di dalam Ruang Udara Bertekanan Tinggi (RUBT).

Selain itu, Mahasiswa mendapat pengawasan langsung oleh penguji dari matra laut Kapten Laut (K)  Agus Wijaya karena kegiatan Evakuasi Medis Laut merupakan penilaian ujian akhir semester. (MT-03)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!