oleh

50 Personel Potensi SAR Praktek Lapangan ‘Jungle Rescue’

-Daerah-248 views

AMBON – Tidak hanya sebatas sosialisasi dan belajar di ruangan tetapi latihan perlu dilakukan di lapangan.

Hal ini dilakukan oleh 50 potensi SAR baik dari instansi pemerintah, TNI, Polri, mahasiswa maupun pencinta alam yang mengikuti Pelatihan Pencarian dan Pertolongan di Gunung dan Hutan atau “Jungle Rescue” yang digelar oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Ambon.

Kegiatan tersebut dilakukan, sejak Kamis (20/2/2020) hingga Sabtu (22/2/2020) dipusatkan di Hutan gunung nona Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon. Hal ini diunglapkan Kepala SAR Ambon ,Muslimin di Ambon, Jumat (20/2/2020).

Dikatakan, kegiatan pelatihan potensi SAR dilokasi ini merupakan kegiatan di hari ke empat dan hari kelima.

“Dalam kegiatan aplikasi latihan operasi SAR di hutan gunung ini dilaksanakan latihan lapangannya yang dipusatkan di kawadan hutan Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon yang diikuti 50 personel potensi SAR dari sejumlah instansi yang ada di Ambon,” katanya.

Ia menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan jungle rescue ini untuk memberikan pengetahuan dasar-dasar SAR di hutan atau gunung untuk mengantisipasi apabila ada yang membutuhkan SAR.

“Dari latihan tersebut maka para peserta akan diberikan pelatihan terkait pencarian korban yang terjadi di hutan – gunung, kemudian juga diberikan latihan tehnik survival atau bertahan hidup,” jelasnya. (MT-04)

Komentar

News Feed