Sekilas Info

Cegah Corona, Kapolda dan Pejabat Polda Maluku Periksa Suhu Tubuh

PERIKSA SUHU TUBUH - Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar (kanan) menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermal scanner di ruang transit Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui - Ambon, Senin (16/3/2020).

AMBON - Untuk mencegah dan mendeteksi penyebaran virus corona (Covid-19) Kapolda Irjen Pol Baharudin Djafar dan sejumlah pejabat melaksanakan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermal scanner yang berlangsung di ruang transit Lapangan Upacara Polda Maluku, Tantui - Ambon, Senin (16/3/2020).

Kapolda mengatakan, saat ini semua pihak harus fokus untuk menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sehingga tidak mudah untuk terkena virus mematikan itu.

"Kebersihan diri dan lingkungan merupakan hal yang sangat utama dalam mencegah virus tersebut. Jangan sampai kita lalai untuk menjaga kebersihan dan stamina tubuh kita," katanya.

Ia juga memerintahkan, seluruh personelnya untuk rutin mengecek dan mamantau kesehatan tubuhnya.

"Mari kita cegah penyebaran virus itu selain dengan menjaga kebersihan kita juga harus rutin mengecek kondisi kesehatan kita," ungkapnya.

Alumnus Akpol 1986 itu menambahkan, perintah dan  himbauan dari Kapolri Jenderal Idham Azis  sudah sangat  jelas untuk dilaksanakan oleh seluruh jajaran kepolisian termasuk di Polda Maluku.

"Jadi kita sudah menyediakan alat pengukur suhu tubuh di setiap pintu masuk gedung/kantor dan melakukan pengecekan suhu tubuh setiap orang yang masuk serta berkoordinasi dengan rumah sakit atau fasilitas kesehatan terdekat bila ditemukan adanya orang yang dicurigai (suspect) terpapar virus corona," jelasnya.

Selain itu, juga menyediakan cairan antiseptik (hand sanitizer/sabun cuci tangan) dan mewajibkan setiap anggota secara berkala mencuci tangannya.

“Selalu menggunakan penutup mulut terutama saat batuk maupun bersin dan segera buang ke tempat sampah, membersihkan barang-barang yang sering tersentuh banyak orang/rentan terkontaminasi. Membiasakan atau menjadikan protap dalam memberi atau menerima salam tidak melakukan kontak fisik secara langsung seperti bersalaman, cium pipi kanan-kiri, dan bentuk kontak fisik lainnya. Sebagai contoh salaman yang dianjurkan tanpa kontak fisik salam dengan menyatukan telapak tangan di depan dada, salam dengan menyentuh dada kiri dengan tangan kanan,”  katanya. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!