Sekilas Info

4 Orang Dalam Pemantauan Dinkes Maluku

PENJELASAN - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh (kanan) memberikan penjelasan kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/3/2020).

AMBON – Hingga Kamis (19/3/2020) sore, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Maluku mengawasi 4 yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19).  Tiga diantaranya kini berada di RSUD Haulussy - Ambon, dan satu berada di luar rumah sakit.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Meikyal Pontoh di Kantor Gubernur Maluku, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, dua dari empat orang tersebut adalah warga negara Jepang yang awalnya status keduanya Pasien Dalam Pengawasan (PDP) namun kemudian sudah turun menjadi ODP.

"Jadi ada tiga di RSUD awalnya mereka PDP namun kemudian dalam pemeriksaan awal diberikan obat kemudian diterapi  namun panasnya tidak turun sehingga status PDP. Setelah dirawat dan dilakukan pamantauan karena dicurigai Covid-19 maka  dikirimlah spesimen untuk memastikan. Setelah pemantauan secara terus menerus, ternyata mengalami penurunan statusnya menjadi ODP. Untuk memastikannya lagi dilakukan pemeriksaan kedua ternyata hasilnya adalah diduga Demam Berdarah Dengue," ungkapnya.

Dikatakan, pihaknya sementara menunggu hasil pengujian sampel spesimen pertama yang telah dikirim beberapa hari lalu.

“Sampel spesimen dua warga Jepang juga dikirim sore ini ke Jakarta sehingga masih menunggu hasilnya. Jika kemudian hasilnya negatif maka mereka akan dipulangkan,” katanya.

Sementara itu satu ODP yang berada di luar RS, Pontoh enggan menyebutkan lokasinya namun sudah dalam pemantauan. (MT-04)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!