Sekilas Info

Gempa M 4,2 Guncang Gane Barat

AMBON – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitude M 4,2 mengguncang wilayah wilayah Gane Barat dan sekitarnya, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Minggu (3/5/2020 pukul 10.13 WIT.

“Hasil analisis BMKG menunjukan gempa bumi ini memiliki kekuatan M=4.2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 0.46 LS dan 127.72 BT, atau tepatnya berlokasi di laut 31 km timur laut Labuha - Lauku Utara pada kedalaman 10 km,” ungkap Kepala Stasiun Geofisika Ambon, Sunardi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/5/2020).

Dijelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar lokal.

“Dampak gempa bumi berdasarkan informasi dari masyarakat dirasakan di Gane Barat II-III MMI. Di daerah tersebut, guncangan gempa bumi dirasakan oleh banyak orang. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” jelasnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!