Sekilas Info

BPN Maluku Serahkan Tiga Sertifikat Tanah Ke Pemkot Ambon

SERAHKAN SERTIFIKAT TANAH - Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku Toto Sutantono (kiri) menyerahkan tiga sertifikat tanah kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Kamis (11/6/2020).

AMBON – Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (Kanwil BPN) Provinsi Maluku menyerahkan tiga sertifikat tanah kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Ketiga sertifikat tersebut adalah Puskemas Pembantu (Pustu) Tawiri, Kayu Putih,  serta SDN 1 dan 2 Passo.

Sertifikat tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Kanwil BPN Provinsi Maluku Toto Sutantono kepada Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Balai Kota Ambon, Kamis (11/6/2020).

Dalam sambutan Kepala Kanwil BPN Maluku, Toto Sutantono berharap dengan penyerahan sertifikat tersebut dapat memacu langkah untuk menertibkan aset-aset yang belum bersertifikat

“Mudah-mudahan dengan penyerahan sertifikat ini bisa memacu kita semua untk menertibkan aset-aset yang belum bersertifikat,” ungkapnya.

Dikatakan, beberapa waktu lalu difasilitasi KPK melalui video conference, telah ada koordinasi untuk menertibkan aset dan juga meningkatkan PAD dari sektor pertanahan

“Potensi PAD dari sektor pertanahan sangat besar. Masyarakat kita makin banyak tapi tanah tidak bertambah maka kebutuhan tanah makin banyak tapi tanah tidak bertambah. Nilai tanah juga tinggi karena  kebutuhn tanah tinggi,” katanya.

Sementara itu, Walikota Ambon Richard Louhenapessy memberikan apresiasi kepada BPN yang telah membantu dalam proses sertifikasi tanah yang menjadi aset pemkot.

“Aset ini penting dalam sistem administrasi pemerintahan modern. Semakin baik penataan aset yang dimiliiki menunjukkan sistem kepemimpinan dan penyelenggaraan pemerintahan di daerah tersebut snagat baik,” katanya.

Wali Kota juga mengaku Pemkot Ambon juga memiliki sejumlah lahan tetapi belum disertifikasi. “Ada juga lahan yang sudah disertifikasi namun sudah ditempati masyarakat,” ungkapnya. (MT-05)

Penulis:

Baca Juga

error: Content is protected !!